Telok Abang Hanya Ada di Agustus

Telok Abang Hanya Ada di Agustus

Tradisi unik yang hanya ada di Kota Palembang, telok abang-foto sumeks.co-

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-77 tidak hanya dimeriahkan dengan banyaknya bendera Merah Putih di setiap sudut Kota Palembang saja.   

Kapal telok abang selalu hadir setiap peringatan HUT Kemerdekaan RI. Seperti yang dilakukan oleh pedagang kaki lima di Jl Merdeka depan Kantor Walikota Palembang dan Jl KI Gede Ing Suro, Kelurahan 36 Ilir, Kecamatan Gandus Palembang. Mereka menjajakan dagangan berupa mainan kapal-kapalan yang terbuat dari kardus dan ditaruh telur rebus berwarna merah di dalamnya.

"Alasannya, karena sifat HUT RI ke-77 setahun sekali, makanya kalau bukan momen ini tidak laku telok abang dijual untuk sehari-hari," kata salah satu pedagang mainan telok Abang Umar (55) di Jl KI Gede Ing Suro, Kelurahan 36 Ilir, Kecamatan Gandus Palembang, Rabu (17/8). 

Dia mengaku bahwa tradisi telok abang di Palembang dulunya dilakukan untuk memperingati hari ulang tahun ratu Belanda Wilhelmina II pada saat Indonesia dalam masa kolonialisme. Namun tradisi berubah untuk memperingati kemerdekaan bangsa Indonesia.

"Telok Abang merupakan telur rebus yang diberi warna merah. Dahulu bahan yang digunakan untuk telok abang merupakan telur bebek, namun semakin hari telur ayam lebih banyak digunakan untuk bahan pembuatannya. Pewarna yang digunakan untuk pembuatan Telok Abang merupakan pewarna makanan yang berwarna merah atau di dalam bahasa Palembang biasa disebut abang kue," ujar Umar. 

Sementara itu, salah satu pedagang mainan telok Abang Febri (55) di Jl Merdeka menambahkan, omset yang diraih saat jualan mainan tersebut bisa mencapai jutaan rupiah. 

"Saya berjualan ini sudah lama, bahkan semenjak remaja saya sudah ikut berjualan ini bersama keluarga saya. Kita mematok harga tidak terlalu mahal dengan seharga Rp25 ribu. Mainan ini hanya ada pada saat bulan Agustus saja," tutur Febri. (dey)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: