Tampilkan Drama Kolosal Jelang Proklamasi

Tampilkan Drama Kolosal Jelang Proklamasi

Drama kolosal diperankan santri Ponpes Ar Rahman, Rabu (17/8). Foto: istimewa--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Ada yang unik dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 di Pondok Pesantren (Ponpes) Ar-Rahman  Jl Tegal Binangun, Kelurahan Plaju Darat, Kecamatan Plaju Palembang. 

Para santriwan yang biasanya hanya memakai seragam muslim, kini ikut melakukan penampilan drama kolosal tentang detik-detik persiapan Republik Indonesia sampai dengan proklamasi. 

Kepala MTs Ponpes Ar-Rahman Sahrizal mengatakan, telah mempersiapkan kegiatan tersebut. 

"Ini tujuannya, agar para Santriwan bisa menanamkan dan meneruskan perjuangan terdahulu dan tetap teringat di masa lalu," kata Sahrizal usai melaksanakan Upacara bendera yang digelar dihalaman pesantren setempat, Rabu (17/8). 

Dia menambahkan deama kolosal tentang detik-detik persiapan Republik Indonesia sampai dengan proklamasi yang tak bisa dilupakan oleh para pejuang  terlebih dahulu. 

"Tanpa mereka, kita tidak bisa ada seperti sekarang ini, Ini wujud perjuangan agar mengingat kembali untuk para santriwan," ujar Sahrizal.

Sebelum menampilkan drama kolosal tentang detik-detik persiapan Republik Indonesia sampai dengan proklamasi, Gabungan para santriwan-santriwati serta pihak terkait lainnya dengan sebanyak 1.300 orang melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77.

Upacara bendera digelar dihalaman pesantren setempat. Tampak ribuan santriwan-santriwati dengan mengenakan berbaju putih lengan panjang, berpeci bagi santriwan dan berjilbab bagi santriwati berbaris rapi. 

Semua petugas upacara dari pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka), pembaca teks proklamasi, Pancasila dan UUD 45 serta komandan upacara dilakukan oleh santriwan. 

Rangkaian upacara Kemerdekaan RI dimulai sejak pukul 08.00 hingga pukul 09.54 WIB. Sejak pagi semua santriwan-santriwati sudah berkumpul di halaman pesantren untuk mempersiapkan upacara.

"Alhamdulillah, kita melaksanakan upacara hari ini berjalan lancar, tertib dan khikmat," tuturnya. (dey)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: