Dosen Prodi PPKn FKIP Unsri Laksanakan PPM

Dosen Prodi PPKn FKIP Unsri Laksanakan PPM

--

Dampangi pembuatan media pembelajaran berbasis aplikasi Canva

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Mendukung proses belajar mengajar era digital, guru dituntut bisa kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. 

Untuk itu, para dosen dan mahasiswa dari Program Studi (Prodi) PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sriwijaya (Unsri) melakukan pendampingan pembuatan media pembelajaran. 

Pembuatan media pembelajaran berbasis aplikasi Canva, diberikan kepada para guru SMP Srijaya Negara Palembang.

Kegiatan tahap awal, digelar di Laboratorium Prodi PPKn Kampus FKIP Unsri, di Jalan Ogan, Palembang, pada Sabtu (13/8/2022).

Pada tahap awal pelatihan tersebut, para guru dibekali materi, tentang media pembelajaran dan langkah pembuatan akun Canva. Dan juga cara menggunakan aplikasi, yang diawali pretest pemberian materi dan ditutup dengan postest.

BACA JUGA:Dokter Dilarang Sembarangan Membuat Konten di Medsos

Ketua Tim sekaligus Koorprodi PPKn FKIP Unsri, Sulkipani SPd MPd menjelaskan, kegiatan pendampingan pembuatan media pembelajaran tersebut, juga dalam rangka menjalankan program pengabdian pada masyarakat (PPM).

"Ini salah program yang rutin dilakukan, dan didanai oleh PNBP Universitas Sriwijaya," kata Sulkipani, Senin (15/8). 

Selaian Sulkipani, beberapa dosen juga terlibat dalam kegiatan tersebut. Yakni Edwin Nurdiansyah SPd MPd,  Camellia SPd MPd dan Aulia Novemy Dhita SBK SPd MPd. Serta diikuti pula sejumlah mahasiswa.

Dia menuturkan, yang menjadi tujuan PPM tersebut memberikan pendampingan, khususnya kepada para guru SMP Srijaya Negara, dalam  membuat media pembelajaran yang berbasis IT. Yakni dengan menggunakan aplikasi Canva.

"Tentunya untuk meningkatkan keterampilan guru, dalam membuat media pembelajaran yang menarik berbasis IT. Yang dapat digunakan secara gratis dan dapat di akses kapan saja ketika online," katanya.

BACA JUGA:Ibu Putri Candrawathi Makin Terpojok, Bukti Permulaan Sudah Cukup Masuk Delik Pidana

Lanjut Sulkipani, setelah kegiatan tahap awal pada Sabtu (13/8/2022) lalu, para guru secara mandiri membuat media pembelajaran berbasis Canva, sesuai mata pelajaran masing-masing guru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: