Lomba Gerak Jalan, Pedagang Pernak Pernik HUT Kemerdekaan Panen

Lomba Gerak Jalan, Pedagang Pernak Pernik HUT Kemerdekaan Panen

Efendi dan bendera dagangannya. foto: m naba anwar sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Perlombaan gerak jalan semarak kemerdekaan ke-77 tingkat pelajar Kota Palembang tahun 2022 di Stadion Lapangan Bola Kamboja Palembang, Senin (15/8), berdampak baik bagi pedagang UMKM.

Salah satunya Efendi (62), penjual pernak-pernik kemerdekaan Indonesia di lokasi perlombaan tersebut.

Efendi, warga Pakjo ini menjual pernak-pernik kemerdekaan Indonesia seperti bendera kecil Rp5 ribu, bendera bandana merah putih Rp5 ribu, Bandana khas Bali Rp25 ribu, stiker pipi Rp1.000, masker merah putih Rp5 ribu, syal mini Rp5 ribu, dan kipas karakter dan tema merah putih Rp10 ribu.

"Kalau lapak di sini tidak bayar, saya jualan pernak-pernik kemerdekaan keliling ke berbagai tempat keramaian. Saya kalau pekerjaan aslinya pedagang mainan," kata Efendi saat dibincangi SUMEKS.CO.

Dia mengaku berjualan di lokasi perlombaaan gerak jalan pada hari ini telah menjual 200 lebih pernak-pernik dengan mendapat keuntungan sekitar Rp1 juta sejak pagi hingga siang.

"Ini luar biasa anak-anak SD ataupun SMP berebutan beli bendera mini Rp5 ribu itu, bahkan orang tuanya juga ikut membeli. Bahkan karena ini ramai jadi ada yang bantu anak buah yang keliling dalam lokasi stadion untuk menawarkan pernak-pernik ini, sehingga cepat laku alhamdulillah sudah untung Rp1 juta lebih," ucapnya.

Effendi menyebutkan modalnya berjualan pernak-pernik sekitar Rp3 juta, membeli barang dagangan dari Bandung secara online.

"Pembeli selain anak-anak, ada sekolah atau instansi dinas memborong, seperti hari ini ada dari salah satu sekolahan, gurunya membeli 50 buah bendera mini dan bandana untuk perlengkapan siswanya gerak jalan," jelasnya.

"Terima kasih kepada Pemkot Palembang telah menggelar perlombaan besar, dan terima kasih kepada panitia telah mengizinkan pedagang kaki lima berjualan disini," tukasnya. (mg01)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: