Belum Sempat Nikmati Hasil Curian, Maling Pipa Pertamina Ditangkap Polisi

Belum Sempat Nikmati Hasil Curian, Maling Pipa Pertamina Ditangkap Polisi

Diduga pelaku pencurian pipa besi Pertamina saat diamankan polisi.--

SUMEKS.CO, PALI - Unit Reskrim Polsek Talang Ubi berhasil meringkus pencuri pipa minyak milik PT Pertamina. Pelakunya adalah Riski (28) warga Dusun I, Desa Talang Mendung, Kecamatan Jirak Jaya, Kabupaten Musi Banyuasin.
 
Ia tertangkap tangan saat membawa hasil curiannya  di Desa Sungai Baung, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sabtu (13/8).
 
Sementara dua orang rekan pelaku yakni Fikri (23) dan Adun (25) berhasil melarikan diri.
 
Dari tangan tersangka petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa, satu unit mobil Daihatsu Ayla warna silver metalik dengan nomor polisi BN 1951 QD. Serta 51 potong pipa besi milik PT Pertamina, satu buah kayu bulat sebesar lengan orang dewasa dengan panjang sekitar dua meter dan satu buah gergaji besi serta lima buah mata gergaji besi.
 
 
Aksi pencurian pipa minyak itu terjadi pada Rabu (10/8) sekitar pukul 14.00 WIB di Claster Sp 04 Line Idle BKB 27 PT Pertamina EP Field Pendopo, di Dusun Talang Padang, Dusun IV, Desa Benakat Minyak, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI.
 
Aksi pencurian itu bermula dari tersangka Riski yang mengajak dua temannya Fikri dan Adun (keduanya buron) untuk mencuri pipa besi milik PT Pertamina dilokasi kejadian.
 
Kemudian mereka menyiapkan alat (barang bukti), setelah itu ketiganya memotong pipa besi milik PT Pertamina secara bergantian. Pipa-pipa yang telah dipotong dikumpulkan dalam semak-semak lalu diangkut dengan mobil yang telah disiapkan.
 
Kapolres PALI, AKBP Efrannedy SIk melalui Kapolsek Talang Ubi, Kompol Darmawan SH melalui, Kanit Reskrim Ipda Fachrie Persada Putra STrK MSi mengatakan, setelah menerima laporan adanya aksi pencurian pipa itu, pihaknya langsung ke TKP untuk mengumpulkan keterangan para saksi.
 
"Begitu mengetahui keberadaan pelaku, kita langsung melakukan upaya penangkapan. Tersangka Riski kita tangkap saat membawa pipa besi hasil curian. Sementara dua rekannya tidak ikut dan masih kita kejar," katanya.
 
 
Dirinya menerangkan, saat ini tersangka dan barang bukti sudah diamankan di Mapolsek Talang Ubi. "Tersangka masih kita lakukan pemeriksaan lebih lanjut, terkait aksi pencariannya," terangnya.
 
Sementara, tersangka Riski mengakui aksi pencurian tersebut bersama dua rekanya. "Pencurian pipa ini baru pertama kali kami lakukan pak. Kami bertiga, tapi dua rekan saya berhasil kabur. Jadi belum sempat mendapatkan hasil pak," akunya depan petugas. (ebi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: