Asap Mengepul, Lahan Semak Belukar di Deling, Kabupaten OKI Terbakar

Asap Mengepul, Lahan Semak Belukar di Deling, Kabupaten OKI Terbakar

Tim Manggala Agni melakukan pemadaman semak belukar di Desa Deling, Kecamatan Pangkalan Lampam OKI yang terbakar, Minggu (14/8). --Manggala Agni Daops XVII/OKI.

SUMEKS. CO, KAYUAGUNG - Semak belukar di Desa Deling, Kecamatan Pangkalan Lampam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terbakar. 

Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tersebut terjadi, Minggu (14/8) sekira pukul 11.00 Wib. 

"Api dari karhutla terpantau siang ini oleh tim patroli pondok kerja kita di Riding, Kecamatan Pangkalan Lampam," ungkap Kepala Manggala Agni Daops XVII/OKI, kepada SUMEKS. CO, saat dikonfirmasi Minggu (14/8). 

Dikatakannya, atas karhutla yang terjadi itu, tim patroli langsung melakukan pemadaman dengan alat dan prasarana. Baik itu berupa mesin pompa dan lainnya. 

BACA JUGA:Polres Ogan Ilir Mintai Keterangan Terduga Pelaku Kebakaran Lahan dan Olah TKP

"Alhamdulilah untuk pemadaman kali ini tidak ada kendala, karena dekat dengan akses jalan dan sumber air. Saat ini api masih proses pemadaman," ujarnya. 

Candra menegaskan, untuk lokasi lahan yang terjadi karhutla ini pihaknya belum bisa teridentifikasi untuk penyebabnya. Termasuk juga luasan yang terbakar. 

"Hari ini cuaca tidak begitu terik dan terlihat mendung. Semoga api tidak membesar dan menjalar ke lahan lainnya," katanya. 

Masih kata Candra, pihak terus melakukan patroli dalam hal pencegahan. Baik itu patroli mandiri maupun patroli terpadu yakni gabungan bersama TNI, Polri dan MPA. 

"Hot spot juga saat ini nihil karena masih sering hujan. Tetapi beberapa hari lalu ada tercatat hot spot di Pedamaran cuma 1 titik. Itu saat dilakukan groundcek," tukasnya. (nis) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: