Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Harus Penuhi Syarat Ini

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Harus Penuhi Syarat Ini

Paskibraka Kota Palembang sedang latihan di pelataran BKB Palembang. -Naba Anwar-

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Pada perayaan HUT Kemerdekaan RI, terdapat Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sebagai petugas inti dalam upacara.

Nah, untuk menjadi anggota Paskibraka, harus memenuhi berbagai syarat yang telah ditentukan serta proses seleksi yang bertahap

Salah satu Purna Paskibraka perwakilan Kota Palembang, Muhammad Soni Setiawan, menjelaskan bahwa ada beberapa penilaian untuk menjadi seorang anggota Paskibraka. Tinggi badan yang menjadi faktor penting.

“Untuk cowok harus di atas 170 cm dan cewek 165 cm, dengan bentuk badan ideal, tegap, dan proporsional,” katanya ketika diwawancarai, Minggu (14/8).

BACA JUGA:Gladi, 50 Anggota Paskibraka Sumsel Siap Jalankan Mandat

Kemudian, calon Paskibraka harus melewati tahapan pemberkasan. Mulai dari nilai sekolah, NIK, KK, dan berkas administrasi lainnya. Kemudian, lanjut pada tahap tes kesehatan.

Pada tahap tersebut, calon Paskibraka akan mendapatkan beberapa tes, mulai dari tes fisik, mata, hingga tidak ada riwayat penyakit yang bertentangan dengan kegiatan Paskibraka dikarenakan latihan Paskibraka menggunakan banyak waktu dan tenaga lebih.

“Tes fisik antara lain lari, push up, sit up, dan lain-lain, mata tidak boleh minus, serta tidak mempunyai penyakit atau riwayat penyakit yang dapat menghalangi kegiatan dari Paskibraka,” jelasnya.

Lanjut Soni, setelah lulus tes fisik akan dilanjutkan tes wawancara, pada tahap akhir seleksi mengenai pemahaman gerakan LTBB.

“Kalau di Kota Palembang yang ingin menjadi Paskibraka nanti akan dilakukan seleksi oleh pihak sekolah untuk kemudian lanjut seleksi di Dispora Kota dan selanjutnya,” tukasnya. (Mg01)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: