Megawati Sedang Gembleng Capres 2024

Megawati Sedang Gembleng Capres 2024

Megawati dan Puan Maharani--

SUMEKS.CO, Langkah PDIP untuk agenda besar Pilpres terus dimantabkan. Menurut Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri sedang menggembleng kader dalam rangka persiapan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Langkah itu merespon adanya sikap Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) serta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendeklarasikan pembentukan koalisi Kebangkitan Indonesia Raya untuk menghadapi Pilpres 2024.

Hasto pun menyatakan bahwa tahapan pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden baru dilakukan pada Agustus 2023. "Untuk Pilpres, semua baru digembleng oleh Ibu Megawati. Kan (pendaftaran capres) masih Agustus tahun depan," ucap Hasto dalam keterangannya yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (14/8).

Ia berkata PDIP memiliki banyak kader pemimpin, seperti Wali Kota Meda Bobby Nasution hingga Ketua DPD PDIP Sumatera Utara (Sumut) Rapidin Simbolon.

BACA JUGA:Gerindra-PKB Daftar Bareng ke KPU

Hasto menerangkan, kader-kader itu dipersiapkan secara baik melalui sekolah partai, kemudian diberikan pendampingan ketika menjadi kepala daerah oleh kepala daerah yang sudah berhasil.

Dia mengambil contoh, mantan Bupati Banyuwangi yang kini adalah Kepala LKPP Abdullah Azwar Anas. Menurutnya, Anas yang sukses di Banyuwangi didatangkan untuk mendampingi Bobby sebagai Wali Kota Medan sehingga Medan bisa bergerak lebih cepat lagi dalam membangun, dengan menyerap keberhasilan kepala daerah PDIP di daerah lainnya.

BACA JUGA:Hasil AFF U-16, Lewat Drama Adu Penalti Timnas Indonesia Hempaskan Myanmar

"PDIP rutin melakukan upgrading para kepala daerah di sekolah partainya. Beberapa waktu lalu seluruh kepala daerah PDIP dikumpulkan. Di situlah berbagai kebijakan seperti anggaran pro rakyat, menciptakan lapangan kerja di tengah Pandemi, itu semua diajarkan," kata Hasto.

"Termasuk menciptakan taman-taman kota agar bagaimana menjaga lingkungan menjadi asri, bersih, dan enak dipandang. Karena kehadiran ruang publik di kota itu sangat penting bagi rakyat untuk bisa berdialog. Bayangkan kalau kita penuhin jalan dengan tanaman-tanaman bunga, taman, sungai bersih, maka itu akan menciptakan suatu keharmonisan ruang publik," tambah Hasto.

BACA JUGA:Tundukkan Vietnam, Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022

Sementara Gerindra dan PKB resmi mendeklarasikan koalisi Kebangkitan Indonesia Raya untuk Pilpres 2024, Sabtu (13/8). Deklarasi ini dilakukan pada penutupan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Gerindra di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat.

Deklarasi itu dimulai dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto menandatangani piagam kerja sama politik.

Usai penandatanganan piagam tersebut, Prabowo tampak merangkul Cak Imin hingga keduanya menunjukkan piagam itu kepada peserta Rapimnas. Setelah penandatanganan, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Waketum Jazilul Fawaid membacakan deklarasi kerja sama. Keduanya pun bergantian membaca deklarasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: