Gardu Listrik di Kutaraya Kayuagung Terbakar, Warga Panik

Gardu Listrik di Kutaraya Kayuagung Terbakar, Warga Panik

Gardu listrik PLN di Kabupaten Ogan Komering Ilir meledak. -warga for sumeks.co-

SUMEKS. CO, KAYUAGUNG - Warga Kelurahan Kutaraya Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), mendadak panik. Pasalnya gardu listrik 0006 yang berada di Kelurahan Kutaraya terbakar dan meledak, Sabtu (13/8) malam. 

Meledaknya gardu listrik itu diduga akibat konsleting. Akibat dari gardu listrik tersebut meledak dan terbakar, hingga berpijar bak kembang api disertai suara letupan. Sehingga membuat aliran listrik di sekitar lokasi padam dan gelap gulita.

"Gardu listrik itu meledak semalam  sekira pukul 20.25 Wib dengan begitu cepat. Kobaran apinya besar jadi membuat warga panik dan takut," kata Ludfi, salah satu warga Kelurahan Kutaraya, Minggu (14/8). 

BACA JUGA:PLN Siapkan Infrastruktur dan Stimulus, Perkuat Ekosistem Sambut Mobil Listrik Produksi Dalam Negeri

Diungkapkannya, peristiwa itu begitu cepat, mulanya ada bau seperti plastik atau karet yang terbakar, kemudian asap mengepul dan ada percikan api dari dalam gardu kian membesar. Lalu yang membuat panik adalah  mengeluarkan pijaran lalu meledak membakar habis isi gardu. 

Tak lama aliran listrik di sekitar area padam dan warga berteriak histeris berhamburan keluar rumah menuju jalan raya melihat kejadian. Langsung saja semua warga mematikan sekring atau aliran listrik. 

Tidak terkecuali, kata Ludfi,  yang berada tepat di dekat gardu langsung berlari menjauh dari area gardu listrik yang terbakar. Warga tidak bisa memikirkan apa-apa lagi, panik dan hanya memikirkan keselamatan diri.

BACA JUGA:Electrifyng Agriculture, Program PLN WS2JB Bangun Sistem Keterbaruan

“Karena takut saat itu, apabila api tidak segera dipadamkan dan konsleting listrik menjalar ke kabel lainnya. Warga sekitar juga langsung menghubungi pihak PLN Ranting Kayuagung dan juga satuan pemadam kebakaran Kabupaten OKI,” tegasnya. 

Berkat kesiap-siagaan satuan tugas Damkar Kabupaten OKI dan PLN Ranting Kayuagung, sekira pukul 21.15 Wib api bisa dipadamkan.

Sambung dia, setelah situasi aman, tim PLN eksekusi peralatan gardu yang terbakar dan melakukan perbaikan hingga pukul 01.00 Wib dinihari.

“Akhirnya jaringan listrik di gardu 0006 Kutaraya Kayuagung pun sudah dapat berfungsi kembali. Kami warga sekitar sangat berterimakasih atas kesiap-siagaan tim PLN Kayuagung dan Damkar OKI,” pungkasnya. (nis) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: