Kodim Bangun MCK, Limbah Jadi Pupuk

Kodim Bangun MCK, Limbah Jadi Pupuk

Hendra Saputra. --

SUMEKS.CO, KAYUAGUNG - Kodim 0402/OKI-OI bakal melakukan pembangunan MCK di dua desa Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dalam waktu dekat ini. 

Hal ini dikatakan Komandan Kodim 0402/OKI-OI, Letkol Inf Hendra Saputra S Sos MM MIPol, kepada SUMEKS.CO, Sabtu (13/8). 

Menurut dia, program pembangunan MCK nanti berbeda dengan MCK-MCK yang biasa dibuat begitu-begitu saja. 

"Nanti kita membangun MCK fisiknya dan untuk limbahnya dikelola mulai penyerapan air mendapatkan filter. Pembuangan juga difilter kembali sehingga limbah dan air tidak tercampur saat dibuang ke perairan sudah dalam kondisi steril," terang Hendra.

Lanjutnya, limbahnya bisa dijadikan pupuk. Adapun lokasi MCK ini terdapat di Desa Cahaya Bumi dan Dabuk Rejo, Kecamatan Lempuing OKI. Dimana akan dilaksanakan pada Oktober nanti. 

"Pembangunan MCK ini nanti bersama dengan pelaksanaan proyek lainnya yang tergabung dalam pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun ini di Kabupaten OKI," tegasnya. 

Diungkapkannya, MCK ini satu titik lima blok, lalu untuk proyek pengerjaan lainnya pada pelaksanaan TMMD adalah pengerasan jalan sepanjang 7 KM, pembuatan jembatan lima titik. Kemudian adanya rehab masjid. 

Termasuk juga adanya perehaban lapangan sepakbola dan pembuatan lapangan bola Volley. Serta adanya bedah rumah sebanyak dua unit. 

"Dalam pelaksanaan pembangunan ini memang sudah seyogya nya dibangun di lokasi tersebut. Dimana dalam pelaksanaan ini masyarakat juga terlibat," ujarnya. 

Dia menambahkan, lokasi TMMD ini dipilih dengan alasan menghubungkan ketiga desa lainnya. Apabila dibuka jalan untuk akses kendaraan roda empat membuat perekonomian disana akan meningkat terutama dari sektor perkebunan. (nis) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: