Penggalang Pramuka Kwarcab Palembang Ikut Jamnas

Penggalang Pramuka Kwarcab Palembang Ikut Jamnas

Pelepasan Penggalang Pramuka Kwarcab Palembang. Foto: m naba anwar sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Enam belas kontingen penggalang Kwarcab Kota Palembang dikirim untuk mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) XI 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur pada 14-21 Agustus Mendatang.

Pelepasan Kontingen Pramuka Kwarcab Palembang dilangsungkan di Bumi Perkemahan Cadika Palembang, Jumat (12/8).

Ketua Kontingen Pramuka Kwarcab Palembang, H Syamosir mengatakan bahwa Jamnas XI merupakan ajang pertemuan antarpenggalang Pramuka yang dilaksanakan lima tahun sekali diikuti oleh masing-masing Kwarcab kabupaten/kota di Indonesia.

"Kita mengirim 16 peserta kontingen yakni 8 putra dan 8 putri, 1 pembina pendamping putra, 1 pembina pendamping putri, 10 tim pendukung kontingen, jadi keseluruhan 28 orang dikirim," katanya ketika diwawancarai usai pelepasan kontingen.

Dijelaskannya, Jamnas merupakan suatu ajang yang bermanfaat untuk menggali potensi, pengetahuan, dan menambah pengalaman penggalang. 

Adapun rangkaian kegiatan Jamnas XI, antara lain apel besar bersama, perkemahan, wisata, karnaval budaya, pertunjukkan seni, pengenalan hewan, pembuatan kerajinan tangan, masak rimba, halang rintang, dan api unggun.

"Kegiatan Jambore Nasional, telah melewati fase seleksi Jambore Cabang, Jambore Daerah hingga Jambore Nasional, biaya pendaftaran ditanggung oleh Kwarcab Pramuka Kota Palembang, maka itu gunakan kesempatan sebaik mungkin," jelasnya.

Kendati demikian, Syamosir berharap penggalang penerus dapat mengharumkan nama baik Kota Palembang.

"Saya juga berharap ilmu yang telah diberikan oleh pembina atau pelatih agar di terapkan pada area perkemahan Jambore Nasional nanti, maksimalkan kegiatan hingga gotong royong sesama anggota penggalang," tukasnya. (mg01)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: