Penuhi Kebutuhan Pelanggan, PDAM Operasikan Intake Payuputat

Penuhi Kebutuhan Pelanggan, PDAM Operasikan Intake Payuputat

Intake Payuputat PDAM Tirta Prabujaya. foto: istimewa--

SUMEKS.CO, PRABUMULIH - Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Prabujaya, Ari Fajar C Arhdana mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan mengoperasionalkan (memfungsikan) Intake Payuputat yang berada di Kelurahan Payuputat, Kecamatan Prabumulih Barat.

"Intake ini lebih kurang sebulan kemarin telah selesai dibangun oleh SDA (Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII), rencananya akan segera kita fungsikan secepatnya, target kami bulan September ini sudah harus jalan," ujarnya.

Dikatakan Ari Fajar, untuk tahap awal alias uji coba pihaknya akan mendistribusikan (mengaliri) air untuk wilayah Kelurahan Payuputat dan Kelurahan Gunung Kemala, Kecamatan Prabumulih Barat.

"Intake ini dengan kapasitas 50 liter per detik yang target awal akan kita coba untuk mendistribusikan air ke Kelurahan Payuputat dan Kelurahan Gunung Kemala. Terakhir memang target kami, intake ini akan kita coba dorong lagi untuk menyuplai ke Prabumulih Barat (seluruh wilayah di kecamatan prabumulih barat)," ujarnya.

Ari Fajar menuturkan, dengan kapasitas 50 liter perdetik intake payuputat dapat melayani sekitar 4 ribu sampai 5 ribu sambungan rumah (SR) atau pelanggan.

"Jadi sebelum intake ini dibangun memang disini sudah dipasang SR, untuk kelurahan payuputat ini sebanyak 265 SR yang sudah tercatat dan ada meteran. Dan di Kelurahan Gunung Kemala itu lebih kurang 400 SR, itu akan kita kembangkan lagi dengan menambah jaringan sehingga otomatis untuk penambahan SR akan tercover," tuturnya.

Ditanya persiapan apa yang dilakukan menjelang difungsikannya intake payuputat, Ari Fajar menjelaskan saat ini pihaknya tengah menggarap instalasi air bersih. "Sekarang kita sedang menggarap instalasi air bersihnya," tukasnya mengaku pihaknya menargetkan 21 ribu sambungan khusus untuk wilayah Kecamatan Prabumulih Barat. (chy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: