Terdakwa Ungkap Ketua Bawaslu Sumsel Terima Uang

Terdakwa Ungkap Ketua Bawaslu Sumsel Terima Uang

Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwansyah menjadi saksi dalam sidang komisioner Bawaslu Muratara di Pengadilan Tipikor PN Palembang, Selasa (9/8). foto: fadli sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Fakta baru terungkap dalam sidang pemeriksaan kasus dugaan korupsi dana hibah Bawaslu Kabupaten Muratara tahun 2019-2020, menjerat delapan terdakwa komisioner Bawaslu kabupaten tersebut.

Dalam sidang yang digelar Selasa (9/8), terungkap adanya dugaan sejumlah aliran dana yang diberikan oleh terdakwa komisioner Bawaslu Kabupaten Muratara kepada Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwansyah yang dihadirkan jaksa Kejari Lubuklinggau sebagai saksi di Pengadilan Tipikor Palembang.

Di persidangan, saksi Iin Irwansyah banyak dicecar berbagai pertanyaan tim penasihat hukum terdakwa diantaranya terdakwa Tirta Arisandi, Siti Zahro serta Aceng Sudrajat perihal adanya pemberian uang senilai Rp200 juta.

Pertanyaan serupa juga dilontarkan hakim ketua Efrata H Tarigan SH MH, karena dijelaskan dalam BAP terdakwa Tirta Arisandi, Siti Zahro dan Aceng Sudrajat menjelaskan penyerahan uang kepada  saksi Iin Irwansah di sebuah rumah makan.

Namun saksi Iin Irwansyah tidak bergeming, dengan tetap mengatakan tidak ada penerimaan atau penyerahan uang apapun kepada dirinya sebagai ketua Bawaslu Sumsel.

Usai sidang, SUMEKS.CO mencoba mengkonfirmasi langsung kepada saksi Iin Irwansah, namun Iin Irwansyah memilih irit bicara, dia hanya mengatakan tidak ada uang yang dimaksudkan itu mengalir pada dirinya.

"Kan tadi sudah dengar di persidangan, tidak ada uang itu saya terima," ketusnya, sembari berlalu dari kejaran SUMEKS.CO.

Sementara, Hasanal Mulkan SH serta tim penasihat hukum untuk terdakwa Aceng Sudrajat, Siti Zahro dan Tirta Arisandi menilai bantahan keterangan-keterangan dari saksi ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwansah mengenai penerimaan uang adalah hak dari saksi itu sendiri.

"Tapi nantinya hal itu akan kami buktikan nanti saat pledoi, dengan pembuktian-pembuktian yang baru yang telah kami siapkan bahwa benar ada pihak lain yang turut menerima sejumlah aliran dana termasuk diberikan kepada saksi Iin Irwansah," ungkap Hasanal Mulkan.

Direktur LBH Muhammadiyah ini juga mengatakan, akan melakukan upaya hukum dengan melaporkan kepada pihak penyidik agar saksi Iin Irwansah juga dapat diperiksa dan diproses hukum.

"Kemungkinan besar akan kita laporkan, namun kita saat ini masih berkoordinasi dahulu," tandasnya.

Terpisah, jaksa Kejari Lubuklinggau Agrim SH mengaku masih akan fokus terhadap pemeriksaan dan pembuktian perkara untuk delapan terdakwa ini terlebih dahulu.

"Namun jika dalam perjalanannya ada indikasi pihak lain yang turut serta menerima, maka akan kita pelajari dan segera kita laporkan kepada pimpinan," ujarnya.

Disinggung, akankah kemungkinan ada penetapan tersangka dalam perkara ini, Agrim menjawab ada kemungkinan namun kembali lagi saat ini masih fokus terlebih dahulu menangani pembuktian perkara ini terlebih dahulu. (fdl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: