Brigadir 'Sembunyi di Balik Kulkas' Ternyata Punya Peran Sadis, Terancam Hukuman Mati

Brigadir 'Sembunyi di Balik Kulkas' Ternyata Punya Peran Sadis, Terancam Hukuman Mati

--

JAKARTA - Ajudan istri Irjen Ferdy Sambo, Brigadir Ricky Rizal atau Brigadir RR kini ditetapkan sebagai tersangka dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yoshua atau Brigadir J di kediaman Irjen Ferdy Sambo pada Jumat 8 Juli 2022 lalu.

Polri mengklaim punya bukti kuat keterlibatan Ricky Rizal dalam pembunuhan Brigadir J. 

BACA JUGA:Hari Ini, Timsus Ekspos Tersangka Baru Pembunuhan Brigadir J

"Alasannya dua alat bukti sudah cukup untuk menetapkan statusnya sebagai tersangka," kata Dirtipidu Bareskrim Polri, Brigjen Pol. Andi Rian Djajadi, Senin 8 Agustus 2022.

Namun Andi enggan merincikan keterlibatan Brigadir RR sebab itu merupakan ranah penyidik. Brigadir RR kini ditahan di Bareskrim Polri untuk kepentingan penyidikan.

Dia disangkakan dengan pasal pembunuhan berencana yakni Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP dengan ancaman maksimal hukuman mati atau penjara seumur hidup.

Beberapa hari yang lalu sebelum jadi tersangka, Brigadir RR menjalani pemeriksaan di Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komanas HAM). Saat itu Brigadir RR mengaku tidak terlibat dalam kasus tersebut.

BACA JUGA:Aksi Solidaritas 3 Ribu Lilin Kenang Brigadir J Bakal Digelar di Tugu Proklamasi

Dia mengatakan, saat kejadian 'baku tembak' antara Brigadir J dan Bharada E, dirinya bersembunyi di belakang lemari kulkas. Saat dia keluar dari persembunyiannya, baru dia tahu bahwa ada aksi baku tembak antara Brigadir J dan Bharada E.

"Belakangan dia baru tahu bahwa itu ternyata tembak-tembakan antara Bharada E (dan Yoshua)," jelas Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik 2 Agustus 2022.

Taufan Damanik menjelaskan, Ricky mengaku bahwa saat kejadian, dirinya mendengar teriakan Istri Ferdy Sambo, Putri Chandrawati minta tolong.

Dia menjelaskan, Putri saat itu berteriak memanggil namanya dan memanggil nama Bharada E. 

Selanjutnya, Ricky berlari ke arah teriakan Putri. Lalu saat itu dia melihat Brigadir J melepas tembakan ke atas arah tangga. Melihat itu, Ricky langsung bersembunyi di belakang kulkas.

Menurut Taufan, keterangan Ricky Rizal ini sama dengan keterangan Bharada E yang pada kesempatan yang sama ikut diperiksa oleh Komnas HAM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: