Meski Stroke, Mampu Laksanakan Haji

Meski Stroke, Mampu Laksanakan Haji

BAHAGIA : Sarjunanti (duduk kursi roda) jemaah haji asal Kabupaten Muara Enim.--

SUMEKS.CO, MUARA ENIM - Raut wajah gembira dan bahagia tampak terlihat di wajah para jemaah haji dan keluarga yang menjemputnya. Tidak terkecuali juga dialami oleh salah seorang jemaah haji yakni H Sarjunantri dan istri yang baru berkumpul dengan keluarga setelah ditinggal sekitar 42 hari untuk menunaikan ibadah haji di Mekkah Al-Mukaromah.

Kebahagian itu terlihat, setelah mobil bus pariwisata yang membawa 177  jemaah haji asal Bumi Serasan Sekundang di tiba di Gor Pancasila, Minggu (7/8) pukul 17.30 WIB. Datangan jamaah haji disambut Pj Sekda Muara Enim H Riswandar SH MH yang didampingi Kakan Kemenag Muara Enim H Azhari Rahardi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Muara Enim.

"Saya kasihan dengan istri kalau didorong terus diatas kursi roda. Jadi saya semaksimal mungkin melaksanakan rangkai ibadah haji secara mandiri," ujar Sarjunanti yang merupakan pensiunan PNS Pemkab Muara Enim ini.

Menurut Sarjunanti, bahwa selama beribadah menunaikan ibadah haji, dirinya selalu berusaha mandiri meski ia bersama istri. Sebab dirinya tidak mau merepotkan istrinya karena kasihan jika terus mendorong kursi rodanya selama menunaikan ibadah.

BACA JUGA: Lagi, Perbaikan Jalan Makan Korban, Pengendara Motor Tewas Terlindas

"Alhamdulilah pergi dan pulang kondisi saya sehat. Awalnya banyak yang khawatir, namun ternyata saya sehat-sehat saja bahkan saya bisa beribadah sendiri," ujarnya sambil duduk diatas kursi roda.

Hal senada juga diungkapkan Ujang Amri (58), warga Ulak Bandung, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim, bahwa dirinya mengucapkan syukur pergi dan pulang diberikan kesehatan oleh Allah SWT sehingga bisa beribadah dengan khusyuk. Apalagi selama di Arab Saudi, para jemaah haji bisa beribadah normal seperti tidak memakai masker dan sholatnya dengan shaf rapat tidak berjarak. "Mudah-mudahan di Indonesia bisa beribadah seperti di Arab Saudi," ujarnya.

Harapan kedepan, kuota jemaah haji Indonesia bisa normal kembali sehingga jemaah haji yang bisa melaksanakan haji lebih banyak lagi. Dan dirinya yakin, dengan suksesnya pelaksanaan haji tahun ini, akan menjadi evaluasi pemerintah Arab Saudi untuk melaksanakan haji kedepan secara normal.(ozi)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: