Pedagang Telok Abang Bermunculan

Pedagang Telok Abang Bermunculan

Aidir dan dagangannya. foto: m naba anwar sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang, pedagang kapal telok abang di Palembang bermunculan di sepanjang Jl Merdeka.

Pantauan SUMEKS.CO, Senin (8/9) pagi terlihat sejumlah pedagang sejak pukul 07.00 WIB telah menggelar dagangannya di sepanjang Jl Merdeka. Terlihat 6 lapak sudah berjualan pada pagi hari.

Aidir, salah satu Pedagang kapal telok abang mengatakan bahwa dirinya telah berjualan per 20 Juli 2022 di Jl Merdeka.

"Kalau untuk berjualan telok abang ini sudah bertahun-tahun sejak dulu, alasan saya berjualan ini kembali tiap menjelang kemerdekaan ialah mencari keuntungan lebih dari pekerjaan sampingan karena ramai pembeli. Kalau pekerjaan saya tetap sebagai pedagang kelontong," kata Aidir kepada SUMEKS.CO.

Dijelaskannya, kapal telok abang terbuat dari bahan gabus yang diberi cat warna, dan memiliki replika benda lainnya seperti kapal perang besar dan pesawat terbang.

"Harga kapal telok abang atau pesawat telok abang ukuran standar Rp35 ribu, sedangkan ukuran besar Rp40 ribu, itu khusus bentuk kapal laut lebih besar dari yang biasa," jelasnya.

Aidir menyebutkan, sehari ia berhasil menjual 7 hingga 10 kapal atau pesawat telok abang, berjualan sejak pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

"Sehari laku 7 sampai 10 barang, sehari saya mendapat sekitar Rp300 ribu, kalau pembeli kebanyakan masyarakat umum atau orang tua untuk membelikan anaknya, kadang anak kecil juga ada yang beli. Kalau untuk tempat gratis hanya izin dengan pemilik rumah atau pedagang kios karena berjualan di trotoar depan tempat mereka," tukasnya. (mg01)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: