PVMBG Bakal Pasang CCTV Infrared di Puncak Dempo, Ini Fungsinya

PVMBG Bakal Pasang CCTV Infrared di Puncak Dempo, Ini Fungsinya

Gunung Dempo Kota Pagaralam--

SUMEKS.CO, PAGARALAM – Guna meningkatkan Pengawasan terhadap aktifitas gunung aktif tipe A di Sumatera Selatan, Gunung Api Dempo Kota PAGARALAM. Pos Pengamatan Gunung Api Dempo berwacana memasang CCTV Infrared di bibir kawah Merapi-Dempo.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Dempo, Megian Nugraha mengatakan, tim pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi (PVMBG) di Bandung bakal memasang alat tambahan pemantauan berupa CCTV infared, seperti pada gunung aktif lainnya di Nusantara yang sudah terlebih dahulu memasang CCTV.

"Pemasangan CCTV di puncak Gunung Api Dempo ini diharapkan dapat terealisasi tahun ini untuk memudahkan tugas kami," katanya.

BACA JUGA:Ribuan Pendaki Diprediksi Muncak Dempo

Sambung Megian, diperkirakan jika terealisasi, titik pemasangan CCTV yang hanya berjumlah tiga unit tersebut berjarak relatif dekat dengan kawah Merapi-Dempo, sehingga bisa memberi data visual aktifitas magma di kawah Dempo, sekaligus termonitor secara langsung melalui CCTV.

"Sejumlah Pos pemantau gunung api sebelumnya sudah banyak yang memasang CCTV infrared di puncak kawah gunung, untuk mengetahui secara detail aktivitas gunung," katanya.

BACA JUGA:Intensifkan Mitigasi Gunung Dempo, Tambah Stasiun Seismig dan Repiter

Lanjut Megian, sejak statusnya naik menjadi level II Waspada, aktifitas Gunung Api Dempo terus dipantau secara intensif. Berdasarkan data dari hasil rekaman alat seismograf seminggu lalu, kegempaan mengalami fluktuatif, bahkan cenderung mengalami penurunan.

BACA JUGA:Gelar Sriwijaya Dempo Enduro Tarik Wisatawan

"Secara data, sampai sekarang status tetap waspada di level II. Kami imbau warga tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap gejolak atau fenomena alam gunung Dempo yang tidak bisa ditebak sebelumnya," pungkasnya. (ald)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: