PIPAS Kemenkumham Sumsel Gelar Senam Cegah Osteoporosis

PIPAS Kemenkumham Sumsel Gelar Senam Cegah Osteoporosis

--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Sabtu (6/8) melakukan giat senam dan penyuluhan kesehatan di venue Shooting Range Jakabarang Sport City. Tema kegiatan tersebut adalah “Kenali Osteoporosis dan Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang Menuju Pemasyarakatan Hebat”.

Acara diawali dengan kegiatan senam osteoporosis oleh instruktur dari perkumpulan warga tulang sehat Indonesia (PERWATUSI) Sumsel dan dilanjutkan dengan seminar singkat oleh Dr. dr. Radiarti Umi Patran, Sp. PD selaku konsultan Rematologi Bagian Ilmu Penyakit Dalam RSMH.

Ketua Darma Wanita Persatuan Lapas Muara Dua, Ny. Dayu Reza Yudistira, selaku panitia mengatakan, tujuan dilakukan senam adalah untuk mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 130 orang anggota PIPAS dari 26 UPT Pemasyarakatan.

BACA JUGA:Sebelum Mencuri, Pelaku Gunakan Celana Dalam Mahasiswi untuk Penutup Kepala

Selanjutnya, Dr. dr. Radiarti Umi Patran, Sp. PD pada kesempatan ini menyampaikan mengenai waspada dini gejala keropos tulang atau osteoporosis. Ia mengatakan bahwa manusia secara alamiah akan terkena osteoporosis akibat pemeliharaan tulang yang tidak maksimal. Oleh karena nya, pencegahan sejak dini sangat penting. Hampir semua olahraga bisa bermanfaat untuk kekuatan tulang, dan banyak rekomendasi latihan untuk olahraga tulang. 

“Saya harap ibu-ibu disini dapat menyebarkan pentingnya kesehatan tulang kepada keluarga dan orangtua,” ujarnya.

Lanjutnya, pemeriksaan tulang/ Bone Mineral Density (BMD) juga penting untuk mengetahui klasifikasi diagnosis apakah kondisi tulang normal, osteopenia (masa tulang rendah), osteoporosis ataupun osteoporosis lanjut. Pendekatan klinis dapat dilakukan dengan anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan biokimia tulang, pemeriksaan radiologis, dan pemeriksaan densitometri.

BACA JUGA:Oknum Perwira Polisi Pukul Anggota TNI, Perkelahian Tak Terelakkan, Begini Ending-nya

Hadir dalam senam cegah osteoporosis tersebut kakanwil kemenkumham Sumsel Harun Sulianto dan Penasihat PIPAS Sumsel Ny. Putri Ari Harun, Kadivpas Bambang Haryanto dan Ketua PIPAS Sumsel Ny. Anik Bambang, serta para ka UPT Pemasyarakatan beserta istri dan anggota PIPAS Kemenkumham Sumsel.(ril)

Sumber: