Orang Tua Terpaksa Gendong Anak Saat Pergi Sekolah

Orang Tua Terpaksa Gendong Anak Saat Pergi Sekolah

Orang tua siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Muara Kulam Lokal Jauh, Karang Pinggan, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara, gendong anak semberangi sungai.-Khalid-

SUMEKS.CO, MURATARA – Orang tua siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Muara Kulam Lokal Jauh, Karang Pinggan, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara, harus menggendong anaknya untuk sampai ke sekolah. 

Pasalnya lokasi sekolah berada diseberang desa. Untuk mencapai sekolah, siswa harus menyeberangi sungai yang aliran airnya cukup deras. 

Relawan Sahabat Pedalaman, Koko Triantoro mengungkapkan ada sekitar 30 siswa yang belajar disolah ini. Total dari kelas 1 hingga kelas 6. 

"Akses jembatan, sangat dibutuhkan para siswa, anak generasi bangsa di Karang Pinggan," cetus Koko, Kamis (4/8).

BACA JUGA:Siswa Terpapar COVID-19, ini Kata Kadisdik Palembang

Tidak hanya untuk para siswa, jembatan juga sanga dinantikan penduduk Dusun Karang Pinggan. 

"Dusun ini dihuni sekitar 200 penduduk. Jika ada jembatan yang melintas di Sungai Kulam, maka hal itu sangat berarti bagi penduduk setempat," ujarnya lagi.

Dusun Karang Pinggan diperkirakan ada sejak 1940 lalu. Keberadaannya cukup jauh dari pusat Kecamatan  Ulu Rawas. Sekitar 12 km. 

“Dari pusat kecamatan, menuju Dusun Karang Pinggan bisa melalui jalur sungai, menggunakan perahu ketek,” ungkap Koko.

BACA JUGA:Polres Muratara Kembali Ciduk Pengedar Sabu

Setelah menyusuri Sungai Rawas masuk ke Sungai Kulam. Menyelusuri jalur ke hulu. Sekitar 2-3 jam maka akan tiba di Dusun Karang Pinggan. 

“Atau melalui jalur darat. Hanya bisa menggunakan kendaraan sepeda motor. Dari pusat kecamatan, menempuh jalan setapak. Perjalanan sekitar 5 km meter akan tiba di Dusun Batu Tulis,” jelas Koko. (Lid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: