Cara Kosongkan Ruang Penyimpanan, Aplikasi Tetap Aman

Cara Kosongkan Ruang Penyimpanan, Aplikasi Tetap Aman

SUMEKS.CO - Ruang penyimpanan di smartphone penuh, sering kali dialami pengguna gadget. Bahkan, kadang beberapa aplikasi tidak berfungsi karena memori overload.

Lantas apa yang bisa dilakukan, agar ruang penyimpanan smartphone kesayangan tidak over kapasitas. Simak tips berikut ya.

Yang harus dilakukan yakni mengosongkan ruang penyimpanan. Nah ada beberapa cara untuk mengosongkan ruang penyimpanan, sementara aplikasi yang sudah tertanam terjaga. 

Salah satunya dengan memindahkan beberapa file ke memori eksternal.  Saat inilah Micro SD atau terdapat slot SD card, sangat dibutuhkan. 

BACA JUGA:Rahasia Dapatkan Foto yang Keren Hanya dari Smartphone Saja

Gunakan ruang penyimpan eksternal ini dan pindahkan file tertentu ke dalammnya. Terutama untuk menyimpan file dengan ukuran besar.

Misalnya foto, video, dan dokumen. Sebelumnya pastikan Micro SD yang digunakan berkualitas baik agar mendapatkan performa terbaik.

Berikut tahap untuk memindahkan file dari penyimpanan internal ke SD card dengan cara mudah dan direkomendasikan oleh Google:

  • Download aplikasi Files by Google di Playstore, lalu buka aplikasi tersebut.
  • Plih Browse, lalu pada bagian Kategori, pilih kategori yang filenya ingin Anda pindahkan
  • Pilih file yang ingin Anda pindahkan. Anda juga bisa memindahkan beberapa file sekaligus dengan mencentang banyak file yang ingin dipindahkan.
  • Jika sudah sesuai, pada menu titik tiga di kanan atas pilih Pindahkan ke atau Salin ke.
  • Pilih Kartu SD.

Selamat mencoba, semoga persoalan yang selama ini sering mengganggu bisa diatasi. (sumber : net)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: