Kabupaten ini Minim Bidan

Kabupaten ini Minim Bidan

Rakerda IBI Sumsel di ballroom Hotel Swarna Dwipa, Rabu (3/8). foto: edy handoko sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sumsel Siti Aisyah Hamid SPsi MKes mengungkapkan dari 16.573 bidan di Sumsel, daerah yang paling sedikit penempatan bidan yakni, di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dengan jumlah 214 orang. Hal ini disebabkan karena minimnya bidan di daerah tersebut.

"Yang paling sedikit di Muratara dengan jumlah 214 bidan," ungkapnya usai pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) VII dan HUT IBI ke-71 tahun 2022, di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Rabu (3/8).

Dijelaskannya, bidan di  Sumsel terbagi menjadi 311 ranting dan 17 cabang. Masing-masing tersebar di 17 kabupaten dan kota yang ada di Sumsel dengan jumlah keseluruhan sebanyak 16.573 bidan.

"Jumlahnya ada 16.573 bidan di Sumsel," jelasnya.

Lanjutnya, bidan terbanyak ada di Palembang dengan jumlah sebanyak 2.218 orang. Sedangkan untuk yang paling sedikit ada di Muratara. Selain itu dia mengungkapkan bahwa, dsri 16.573 bidan di Sumsel belum ada yang diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Terbanyak di Kota Palembang," jelasnya.

Mengenai pengangkatan PPPK, dia menerangkan hanya ada beberapa yang telah diangkat. Itu pun dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Sedangkan, untuk yang bidan belum ada yang diangkat menjadi PPPK.

"Kalau dari bidan tidak ada. Yang ada dari BKKBN," pungkasnya. (edy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: