Berharap Peran BPD Dioptimalkan Dalam Pembangunan

Berharap Peran BPD Dioptimalkan Dalam Pembangunan

AUDENSI : Pj Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi menyampaikan sambutan audensi audiensi Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Muara Enim.--

SUMEKS.CO, MUARA ENIM – Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) diharapkan dapat di optimalkan dalam mendorong program pembangunan desa, sehingga kemajuan desa pada berbagai sektor secara ril akan menjadi pemicu kualitas hidup masyarakat. 

Harapan itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi disampingi Kepala Dinas PMD Muara Enim Drs H Rusdi Hairullah MSi menerima audiensi Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Muara Enim, di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS), Jumat (29/7) malam.  

Dalam audensi tersebut,  Ketua BPD Muara Enim Zainuri menerangkan, BPD merupakan lembaga kemasyarakatan yang merupakan suatu perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa, yang mana juga merupakan sebuah parlemen di desa yang baru terbentuk pada masa otonomi daerah di indonesia.

BACA JUGA:Sambut Tahun Baru Islam, Bupati Enos Hadiri Tabligh Akbar dan Do'a Bersama

Dijelaskan Zainuri, adapun maksud dan tujuan diadakannya audiensi tersebut ialah terkait masalah kesejahteraan para anggota BPD meliputi tunjangan kinerja dan tunjangan jabatan. “Jajaran BPD mengharapkan permasalahan simpang siur antara BPD dan perangkat desa tentang biaya operasional untuk segara dibentuk regulasi nominal yang jelas dan sudah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten, agar kedepan BPD dan pihak perangkat desa dapat besinergi dengan lebih baik lagi,” katanya. 

Untuk itu, pihaknya mengharapkan dukungan dan kerjasama yang baik dari Pemerintah Kabupaten Muara Enim  guna mewujudkan cita-cita tersebut dan sebaliknya, BPD Muara Enim siap bersinergi dan mendukung program pembangunan yang tertuang dalam visi dan misi #MERAKYAT Muara Enim untuk Rakyat guna menciptakan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Muara Enim khususnya.

Sementara itu, Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi, menjelaskan bahwa BPD mempunyai peran penting dalam pemerintahan tingkat Desa, saya berharap BPD bisa bersinergi dengan desa sehingga program pemerintah yang ada di tingkat desa bisa berjalan dengan baik dengan dukungan penuh BPD.

BACA JUGA:50 Sekolah di Sumsel Ikuti Geprada Pramuka UIN Raden Fatah

Kurniawan mengungkap kunci kesuksesan sebuah desa agar lebih maju dalam pembangunan. Salah satunya yaitu, kekompakan antara Kepala Desa, Sekretaris Desa dan juga Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Jika tiga unsur di tingkat desa ini bersatu, niscaya desa tersebut akan semakin maju dan berkembang.

Untuk itu, dirinya selaku kepala daerah akan bersinergi degan Dinas Pemberdayaan Desa (Pemdes) untuk mencarikan regulasi yang tepat terkait permasalahan yang dialami oleh rekan-rekan BPD.

“Saya sangat mengapresiasi sekali maksud dan tujuan dari audiensi BPD malam ini, kedepan akan kita carikan solusinya agar BPD tidak dipandang sebelah mata pasalnya suksesnya pembangunan di desa merupakan kesuksesan BPD selaku pengawas kepemerintahan yang ada di desa,” ucap Kurniawan.

BACA JUGA:Diduga Tanpa Izin Menikah Lagi, Bupati di Sumsel Dilaporkan ke Polisi

Disamping itu, Pj Bupati yang didampingi Kaban Kesbangpol, Kadin Kominfo, Kadisnaker, Kadikbud, dan Kabag Prokopim Setda, mengharapkan Pemerintah Desa dan BPD dapat saling mendukung satu sama lain dan menjadi mitra yang baik dalam membangun desa guna mensukseskan visi misi Kabupaten Muara Enim #MERAKYAT Muara Enim untuk Rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera.(ozi)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: