Perjuangakan Kebaya sebagai Warisan Budaya ke Unesco

Perjuangakan Kebaya sebagai Warisan Budaya ke Unesco

Dian Sastro Wardoyo (therealdisastr instagram)--

SUMEKS.CO, Kebaya menjadi ciri khas sekaligus identitas bangsa Indonesia akan diajukan sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO. Dan Dian Sastrowardoyo memberikan dukungan penuh usulan ini untuk memperlihatkan harga diri bangsa di pentas dunia.

Menurut Dian Sastro pun  agar kebaya tidak hanya menjadi pakaian formal atau event tertentu saja seperti acara pernikahan dan lamaran. Kebaya seharusnya dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud kebanggaan akan budaya bangsa.

“Pakai kebaya dengan mempadu-padankan dengan celana jeans, hijab, atau mungkin jaket kulit ya monggo. Kita harus bisa mencocokkannya sehingga baju nasional kita benar-benar menjadi kebanggaan kita semua,” kata Dian Sastro di bilangan Thamrin Jakarta Pusat, Jumat (29/7).

Dirinya berusaha menggunakan kebaya untuk aktivitas sehari-hari ketika bekerja di kantor. Tentu saja model kebaya yang digunakan Dian Sastro yang sesuai digunakan sehari-hari. Bintang film Ada Apa Dengan Cinta ? itu merasa bangga menggunakan kebaya dan dilihat oleh orang lain terutama ketika berada di luar negeri.

BACA JUGA:Vaksinasi Covid-19 di Hari Kartini, Petugas Lapas Perempuan Palembang Pakai Kebaya

Menurut Dian Sastro, dengan menggunakan kebaya dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya sudah dilakukan oleh sejumlah orang. Salah satunya biasa dilakukan sutradara Kamila Andini.

“Dia ke lokasi syuting selalu pakai kebaya. Bangga ada orang yang melakukan hal itu,” kata Dian Sastro.

Deputi Pengembangan Usaha, Kerjasama dan Pemasaran PANDI, Meita Pratiwi  mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan lebih 50 lembaga atau komunitas untuk mengkampanyekan penggunakan kebaya sehari-hari. Dia pun berharap masyarakat dapat membuat foto mempadu-pandankan kebaya dengan jenis pakaian lain untuk menunjukkan betapa betapa kerennya kebaya.

Foto-foto itu nantinya dapat dikirimkan dan akan diposting di website tradisikebaya. Foto-foto tersebut nantinya akan dijadikan bukti untuk mempermudah pendaftaran kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO. Gerakan ini akan dimulai sejak tanggal 9 Agustus 2022 sampai dengan 9 desember 2022 mendatang.

“Kalian bisa ikut serta dalam menyemarakkan gerakan kebaya goes to UNESCO dengan cara foto memakai kebaya lalu mengunggahnya pada website tradisikebaya.id. Harapannya, kebaya bisa diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia tak benda dari Indonesia,” katanya. (jpg/jawapos/ckm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: