Mahasiswa Sumbar Antusias Ikut Nge-Band di ASIKBANG

Mahasiswa Sumbar Antusias Ikut Nge-Band di ASIKBANG

Aksi peserta ASIKBANG dari Sumatera Barat.-foto:ist-

SUMEKS, CO - PADANG - Festival musik ASIKBANG gelaran Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pesertanya didominasi dari kalangan mahasiswa di Sumatera Barat, (27/7/2022) Rabu malam di Kupi Batigo, Padang.

Malah, ada peserta dari perguruan tinggi di Kabupaten Pasaman yang jaraknya 5 jam perjalanan dari lokasi acara di kota Padang. Sebagian lagi menyebutkan berasal dari UIN Imam Bonjol, UNP (Universitas Negeri Padang), dan Universitas Andalas jadi peserta ASIKBANG

Beni Ambon, peserta asal Ambon yang sudah lama bermukim di Padang, berkomentar, ASIKBANG (Aksi Musik Anak Bangsa) menggugah generasi muda beraksi kembali setelah vakum hampir dua tahun karena pandemi Covid-19.

"Senang sekali kita dengan acara musik ASIKBANG," semangatnya. 

BACA JUGA:Kepala BNPT RI: Urgen, Sinergitas FKPT dan Kesbangpol Cegah Radikalisme

Pentas musik juga menyemangati walikota yang diwakili Kepala Kantor Kesbangpol, Tarmizi Ismail, untuk menyumbangkan suara emasnya dengan lagu Rumah Kita dari Ahmad Albar.

"Setelah bernyanyi baru saya buka resmi acara ASIKBANG," ujarnya bercanda disambut tepuk tangan penonton. 

Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, diwakili Kasi Pengamanan Lingkungan Pemerintah, Andityas Pranowo, menyatakan senang melihat banyaknya inovasi anak bangsa.

"Ini modal besar Indonesia menuju Indonesia Emas 2045, yang harus harus disiapkan dengan baik," jelas Andit. Diingatkan agar generasi muda berhati-hati menjaga diri ketika berselancar di dunia maya dan media sosial. "Anak muda rentan terpapar virus radikalisme, karena anak muda dalam proses mencari identitas diri," jelasnya. 

BACA JUGA:Nanang Hape Sebut ASIKBANG Terobosan Jitu BNPT

Pengamat dan Peminat Musik Sumbar, DR. Ardoni, M.Si, menilai acara musik ASIKBANG perlu diperbanyak, baik oleh BNPT dan FKPT, atau lembaga lainnya.

Sementara itu Ketua FKPT Sumbar, Adil Mubarak, menyebutkan ASIKBANG jadi ajang bertemunya sejumlah kreator musik dan penyanyi berbakat di ranah Minang menggantikan era musisi Minang masa lalu.

"Semoga tiga kelompok yang mewakili Sumbar, nanti menang di tingkat nasional," harapnya. 

Juri akhirnya menetapkan tiga utusan ASIKBANG dari Sumbar, Beny Ambon, Miftah Auluanti dan duet Rafki dan Reno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: