Vaksin Dosis 4, Nakes Didahulukan

Vaksin Dosis 4, Nakes Didahulukan

Budi Gunadi Sadikin. Foto: edy handoko sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Dalam waktu dekat, pemerintah bakal melaksanakan vaksinasi dosis keempat atau booster kedua. Vaksin tersebut diperuntukkan  terlebih dulu ke Tenaga Kesehatan (Nakes).

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi mengungkapkan, vaksinasi dosis keempat ini memang harus segera dilakukan. Hal itu lantaran vaksinasi yang diperuntukkan sebelumnya, hanya memberikan kekebalan kepada masyarakat selama enam bulan.Setelah enam bulan pascavaksin, vaksin seterusnya harus dilakukan.

"Sebentar lagi akan kita laksanakan (vaksinasi dosis keempat) dan kita utamakan ke nakes (tenaga kesehatan) dulu," kata Budi Gunadi di sela kunjungannya ke Palembang, Rabu (27/7).

Vaksinasi kepada nakes, lanjutnya, memang seharusnya didahulukan karena mereka merupakan garda terdepan yang setiap saat menangani pasien Covid-19. 

"Setelah enam bulan divaksin, data menunjukkan imunitasnya akan menurun," ucapnya.

Untuk vaksinasi dosis keempat ini, Budi menegaskan, pemerintah pusat sudah siap, termasuk untuk dosis vaksin yang tersedia. Kendati begitu, dia belum bisa memastikan kapan akan dilaksanakan. Stoknya sudah tersedia dan lebih. Sementara, nakes di Indonesia sudah ada empat juta yang dipersiapkan.

"Stok vaksin kita berlebih. Dan kita sudah siap," pungkasnya. (edy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: