Peduli Sungai Musi, APM Usulkan BBWS Lakukan Patroli

 Peduli Sungai Musi, APM Usulkan BBWS Lakukan Patroli

Anggota APM saat berdialog dengan Kepala BBWS VIII, Maman Noprayamin, Selasa (26/7). Foto : istimewa--

 

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Anggota Aliansi Peduli Musi (APM) menemui Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) VIII Musi, Maman Noprayamin, di kantor BBWS VIII Palembang, Selasa (26/7).

Koordinator APM, Aldo Carnegie menjelaskan bahwa sampah plastik yang tidak terurus ini akan menimbulkan pencemaran mikroplastik.

"Kami menyampaikan temuan APM selama ekspedisi Sungai Musi, selain kontaminasi mikroplastik, pencemaran Khlorin, phospat kami menyampaikan bahwa Sungai Musi di bawah Jembatan Ampera hingga Jembatan Musi 4 terdapat lebih dari 124 timbulan sampah plastik" katanya.

BACA JUGA:Sungai Musi Tercemar Mikroplastik, Empat Ikan Jadi Korban

Sementara, Kepala BBWS VIII, Maman Noprayamin menjelaskan bahwa selama ini BBWS VIII telah melakukan upaya koordinasi pengelolaan Sungai Musi melalui Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA).

"Di dalam forum TKPSDA ada koordinasi dalam pengelolaan sungai Musi, kami juga ada kegiatan rutin membersihkan sedimen melayang berupa sampah plastik," jelasnya.

Lanjut Maman, dengan keterbatasan anggaran yang ada maka tidak semua problem diselesaikan.

"Perlu pengendalian sampah dari sumber-sumbernya, kami akan berkoordinasi agar kepala daerah yang memiliki wilayah dan penduduk untuk mengendalikan sampah yang masuk ke Sungai Musi melalui anak-anak sungai dan yang terpenting merubah mindset penduduk agar tidak menbuang sampah ke sungai," tukasnya. (mg01/rill)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: