BMKG Imbau Warga di 7 Daerah di Sumsel Waspada Hujan Lebat

BMKG Imbau Warga di 7 Daerah di Sumsel Waspada Hujan Lebat

Ilustrasi cuaca ekstrem di Palembang. Foto : edy/sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Tujuh daerah di Sumsel yakni, Kota Pagaralam, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Banyuasin, Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Rawas Utara (Muratara), Empat Lawang, Musi Rawas (Mura), diimbau mewaspadai hujan lebat pada 24 Juli 2022 pukul 07.00 WIB hingga 25 Juli 2022.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumsel Wandayantolis mengungkapkan, ada beberapa daerah yang masuk kategori siaga dan waspada prakiraan berbasis dampak hujan lebat.

"Dari prakiraan cuaca ada tujuh daerah yang masuk kategori waspada dan empat daerah siaga," kata Wandayantolis saat dikonfirmasi, Sabtu (23/7).

BACA JUGA:BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Hantam Wilayah Indonesia hingga 9 Desember

Dijelaskannya, empat daerah yang masuk siaga hujan lebat yakni, Kabupaten Lahat, Muara Enim, Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Ogan Komering Ulu (OKU).

Dampak yang ditimbulkan dari hujan lebat ini diantaranya, terjadi tanah longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah dan aliran banjir berbahaya.

"Lebih tingkatkan kewaspadaan dalam menanggapi hal ini," imbuhnya.

BACA JUGA:Prediksi BMKG, Malam Ini Wilayah Ogan Ilir Hujan Petir

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar warga yang berada di daerah yang disebutkan agar lebih berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah. Selain itu, tetap berkoordinasi dengan pihak terkait kebencanaan.

"Hal ini bertujuan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan," tutupnya.(edy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: