Kejati Sumsel Klaim Target PNBP Tercapai

Kejati Sumsel Klaim Target PNBP Tercapai

Konferensi pers Kepala Kejati Sumsel Muhammad Naim tentang PNBP. foto: istimewa--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Bertepatan dengan Hari Bhakti Adhiyaksa (HBA) yang ke-62, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel mengklaim Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada bidang pembinaan di pertengahan tahun 2022 ini sudah melampaui target.

Plt Kejati Sumsel Drs Muhammad Naim SH MH menyampaikan dari target tahun lalu pencapaian PNPB tahun 2022 pada bidang pengawasan sebesar Rp707,5 juta.

"PNBP tersebut bersumber diantarnya dari pendapatan sewa tanah, gedung, denda pelanggaran lalu lintas, pendapatan sitaan negara serta uang pengganti tipikor yang telah berkekuatan hukum tetap," kata Muhammad Naim saat gelar rilis pencapaian kinerja Kejati Sumsel, Jumat (22/7).

Selain itu, pada bidang Pidana Khusus Muhammad Naim SH MH didampingi Aspidsus Kejati Sumsel Abdullah Noer Deny SH MH membeberkan, telah menyelesaikan perkara terutama tindak pidana korupsi sebanyak 21 perkara dengan penyelamatan keuangan negara total Rp2,6 miliar lebih.

Jumlah tersebut, lanjut Muhammad Naim belum termasuk perkara dalam proses penyelidikan sebanyak 1 perkara, serta dalam proses penyidikan 3 perkara, diantaranya yakni penyidikan perkara dugaan korupsi Dinas Pertanian serta pembangunan jalan tol.

Lebih jauh dikatakannya, pada bidang tindak pidana umum perkara narkotika masih mendominasi dibandingkan perkara tindak pidana umum lainnya (TPUL), hingga saat tercatat khusus untuk perkara narkotika sebanyak 2270 perkara, sementara perkara TPUL terbanyak kedua yakni 1520 perkara.

Sementara, masih kata Muhammad Naim dalam bidang pidana umum rekapitulasi program Restoratif Justice (RJ) juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan yang mana pada tahun 2021 sebanyak 8 perkara namun ditahun 2022 bertambah menjadi 40 perkara.

Pada bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, lanjut Muhammad Naim juga telah membantu menyelamatkan kerugian negara senilai Rp159,2 miliar dari kegiatan Litigasi 313 Kegiatan, Non Litigasi 620 Kegiatan serta pelayanan hukum 222 kegiatan.

Dia berharap prestasi capaian kinerja Kejati Sumsel yang positif ditahun ini, dapat dipertahankan atau lebih baik lagi oleh seluruh insan Adhiyaksa, yang selaras dengan tema HUT HBA ke-62 yakni Kepastian Hukum, Humanis Menuju Pemulihan Ekonomi.

 

"Tentunya pencapaian kinerja yang baik ini tidak akan mungkin tercapai, tanpa adanya dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak baik dari masyarakat ataupun lembaga penegak hukum lainnya, tidak hanya oleh insan Adhiyaksa," tukasnya. (fdl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: