Gempa Landa Nias Selatan, ini Kekuatannya

Gempa Landa Nias Selatan, ini Kekuatannya

Ilustrasi Lompat Batu Nias.--

SUMEKS.CO, NIAS SELATAN - Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,1 melanda wilayah Nias Selatan, Sumut, Jumat (22/7) sekitar pukul 04.41 WIB. 

Gempa bumi tidak hanya terjadi sekali. Gempa susulan juga terjadi hingga pukul 05.10 WIB. Bahkan sampai empat kali dengan magnitudo 3,6.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,19° LU ; 98,32° BT yang berlokasi di laut pada jarak 70 kilometer arah tenggara Nias Selatan.

"Gempa ini berlokasi pada kedalaman 20 kilometer," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya.

Bambang menjelaskan berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi ini merupakan jenis gempabumi dangkal. Gempa ini diakibatkan adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik oblique (oblique thrust fault)," sebutnya.

Gempa bumi ini, kata Bambang, berdampak dan dirasakan di daerah Nias Selatan dengan skala intensitas III-IV MMI, dengan getaran dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Berdasarkan hasil pemodelan, gempa bumi ini tidak berpotensi terjadinya tsunami.

"Gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ungkapnya.

Dia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi gempa bumi ini. Dia juga meminta agar masyarakat tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," pungkasnya. (mcr22/dom/jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: