Jembatan Penghubung di Desa Pseksu Segera Dibangun, Permudah Akses Warga

Jembatan Penghubung di Desa Pseksu Segera Dibangun, Permudah Akses Warga

--

SUMEKS.CO, LAHAT - Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Bupati Lahat Cik Ujang SH langsung menindaklajuti usulan pembangunan jembatan penghubung di Desa Tanjung Raya, Kecamatan Pseksu, Kabupaten Lahat. Rencananya akan dibangun jembatan rangka dan akses jalan di lokasi tersebut. 

Hengki Haipun, Kades Tanjung Raya, Kecamatan Pseksu, Kabupaten Lahat, mengatakan bahwa usulan pembangunan jalan dan jembatan ini sudah diminta sejak tahun 2006 lalu. 

Dengan rencana pembangunan jalan dan jembatan ini, maka bisa menjadi akses penghubung beberapa Desa di wilayah Pseksu. Yakni Tanjung Raya, Lubuk Mabar Pagar Agung dan Kantor Camat. Lalu di wilayah seberang yang akan dibangun akses jalannya yakni Desa Lubuk Atung Lubuk Tube, Muara Cawang, Bemban Tembeling Jaya.

BACA JUGA:Bangun Jembatan, Sedot Rp 25 Miliar dari Bangub Sumsel

"Dengan adanya akses jalan dan jembatan maka wilayah seberang akan lebih cepat ke Kantor Camat, maupun Puskesmas. Bila jalan yang biasa dilalui bisa mencapai 30 Km untuk ke Kantor Camat. Tapi kalau jembatan dan akses jalan telah dibangun maka hanya sekitar 8 Km dari jembatan ke Kantor Camat," beber Hengki, Kamis (21/7).

Lalu selain mempermudah akses warga, juga mempermudah pengangkutan hasil tani dan kebun dari beberapa desa sekitar. "Harapannya jembatan bisa dilalui mobil untuk mengangkut hasil bumi. Warga kami berkebun kopi, sawit, karet, duku dan lainnya. Adanya jalannya maka akses pengakutan ke jalan lintas lebih cepat," bebernya.

Pihaknya juga telah siap menghibahkan lahan untuk jembatan dan akses jalan penghubung dengan panjang sekitar 10 Km tersebut menju ke Desa Lubuk Tube dan Simpang Jalan Trans Tembeling Jaya. "Untuk hibah lahan yang akan dibangun telah siap oleh warga karena jembatan dan jalan ini sangat kita perlukan," bebernya.

BACA JUGA:Warga Gotong Royong Bangun Jembatan Sungai Endikat

Sementara, Kadis PUPR Mirza ST menambahkan bahwa Bupati Lahat langsung menindak lanjuti usulan warga yang sebelumnya Gubernur Sumsel dan Bupati Lahat telah meninjau lokasi.

"Kita minta berkas hibah dan usulan warga untuk ditindaklanjuti. Untuk pembangunanya bisa dari APBD Kabupaten maupun Bantun Gubernur Sumsel pada tahun 2023 mendatang. Kita sangat apresiasi keinginan warga tersebut," ungkapnya, Kamis (21/7).

Senada disampaikan Kepala UPTD Lahat Dinas PUBM-TR Provinsi Sumsel Hendri Wijaya bahwa pihaknya siap menindaklunjuti arahan Gubernur Sumsel. Pihaknya mengkaji rencana pembangunan jembatan dan akses jalan yang diusulkan warga tersebut.

BACA JUGA:Warga Kompak Bangun Jembatan Secara Swadaya

Bupati Lahat Cik Ujang SH menegaskan bahwa pihaknya akan menampung usulan warga. Pihaknya siap membangun sesuai prioritas dan kebutuhan warga. "Semoga usulan warga Pseksu tidak ada kendala dan bisa segera terlaksana," ungkapnya.(gti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: