Mercy Bakal Rilis Mobil Listrik di Indonesia

Mercy Bakal Rilis Mobil Listrik di Indonesia

Mercedes belum ungkapkan berapa harganya, menurut info mulai ditawarkan US $103.000 (setera Rp 1,4 Miliar dengan kurs US $ 14.364) ((autometamedia)--

SUMEKS.CO, Tren mobil listrik di Indonesia telah dimulai. Saat ini, sudah mulai banyak mobil listrik dijual di Tanah Air yang  didominasi oleh pabrikan Korea Selatan (Korsel) dalam hal ini yang paling menonjol adalah Hyundai.

Nama Eropa juga sudah ada, BMW melalui Mini juga belum lama ini merilis mobil listriknya. Mercedes-Benz tampaknya juga tak ingin ketinggalan dan berencana menghadirkan mobil listrik mulai akhir tahun 2022 ini.

Merek premium asal Jerman ini berencana merilis mobil listrik Mercy EQS. Sebagai informasi, Mercedes-Benz EQS memulai debut global pada April 2021 lalu. Mobil ini mengusung konsep sedan listrik yang menggunakan platform khusus Electric Vehicle Architecture (EVA).

BACA JUGA:Kongres Fatayat NU ke XVI Resmi Ditutup

“Kami akan meluncurkan (mobil listrik) di kuartal keempat, start dari model EQS. Mobil ini bisa melaju dari Jakarta ke Surabaya dalam sekali charge,” ujar President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), Choi Duk Jun di Jakarta belum lama ini.

Sebagai informasi, Mercy EQS merupakan sedan listrik murni yang hadir dengan desain mewah serta futuristik. Versi global Mercedes-Benz EQS hadir dalam dua tipe, yakni model EQS 450+ dan EQS 580 4MATIC, dengan output tenaga hingga 516 dk.

Di pasar Amerika Serikat (AS), EQS hadir dengan baterai berkapasitas 107,8 kWh. Baterainya hanya membutuhkan waktu sekitar 11,25 jam untuk dicas dari 10 hingga 100 persen jika pakai charger AC 240V (slow charging).

Namun, jika menggunakan charger DC 200 kW (fast charging), maka untuk mengisi daya dari 10 sampai 100 persen hanya butuh waktu 31 menit.

Baterai yang diusung oleh Mercedes-Benz EQS ini diklaim bisa menempuh jarak sejauh 770 km dalam pengujian Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP). Mercedes-Benz menyebut mobil ini dapat berjalan dari Munchen ke Berlin tanpa berhenti. Di Indonesia jarak tersebut nyaris setara perjalanan Jakarta ke Surabaya.

Deputy Director Sales Operations & Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), Kariyanto Hardjosoemarto dalam kesempatan yang sama juga bilang bahwa mobil listrik Mercedes-Benz EQS nantinya tidak hanya di-launching, tapi juga akan langsung dijual ke masyarakat umum.

“Nanti kita launching, langsung bisa dilakukan pemesanan oleh pelanggan. Kita luncurkan kuartal empat, bisa di bulan November-Desember. Mungkin untuk delivery ke kustomer baru bisa awal tahun depan, karena kita perlu homologasi dan sebagainya,” tandas Kariyanto. (ckm/jpg/autometamudeia/jawapos/)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: