Dinsos – Sat Pol PP Tertibkan Penarik Sumbangan Ilegal

Dinsos – Sat Pol PP Tertibkan Penarik Sumbangan Ilegal

Penertiban empat orang penarik sumbangan di kawasan Simpang Manna, Kelurahan Ulu Rurah, Kecamatan Pagaralam Selatan, Jum'at (15/7).-Almi Diansyah-

SUMEKS.CO, PAGARALAM – Diduga ilegal, empat orang penarik sumbangan di kawasan Simpang Manna, Kelurahan Ulu Rurah, Kecamatan Pagaralam Selatan, Jum'at (15/7) pagi diamankan petugas. 

"Kita telah berkali-kali melakukan upaya penertiban terhadap para Gepeng (Gelandangan dan pengemis, red) ini. Karena itu Kita mengimbau kepada para pegiat sosial kemanusiaan agar jangan lagi melakukan aksi sosial atau meminta-minta di jalan tanpa koordinasi dengan pihak terkait," imbuh Kepala Dinsos Kota Pagaralam, Drs Agus Ahmad melalui Sekretaris, Buraqqo Bangun. Sabtu (16/7).

Penertiban dilakukan petugas Dinas Sosial (Dinsos) bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Sat PolPP) Kota Pagaralam. 

Pengumpul sumbangan harus mengantongi izin sesuai yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 tahun 1980, tentang pelaksanaan pemungutan sumbangan.

BACA JUGA:Harga Sayuran di Pagaralam Melonjak, Cabai Setan Tembus Rp80 Ribu

Bang Koko-panggilan Buraqqo Bangun-mengatakan, dalam penertiban Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) ini pihaknya selalu mengedepankan sisi humanis. 

“Akan tetapi bila masih tetap saja mereka membandel, maka akan diberikan sanksi sesuai yang telah diatur dalam peraturan pemerintah. Pada saat ini Kita berikan pembinaan dan teguran,” kata Bang Koko.

Lebih jauh Bang Koko mengimbau kepada penggiat sosial masyarakat bahwasanya seluruh giat yang berhubungan dengan PMKS harus koordinasi, dan jangan sembarangan dalam melakukan penggalangan donasi tanpa ada arahan dari pihak-pihak yang terkait. Dan jangan pula melakukan giat itu apalagi di jalan-jalan.

"Sebab ini akan membahayakan diri pribadi serta para pengguna jalan yang melintas. Juga jelas menyalahi dari aspek hukumnya,” lanjut Bang Koko. 

Menurutnya, Dinsos selalu terbuka untuk duduk bersama mencari solusi yang terbaik atas nama giat sosial dan demi terciptanya rasa kemanusiaan yang tepat sasaran. (ald)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: