Hari Pertama Sekolah, Siswa Dikenalkan MPLS

Hari Pertama Sekolah, Siswa Dikenalkan MPLS

MPLS SMPN 9 Palembang, Kamis (14/7). foto: m naba anwar sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Hari pertama sekolah tahun ajaran baru 2022/2023 di Palembang berjalan lancar dan tertib, Kamis (14/7) pagi.

Pada hari pertama tersebut, siswa mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Pantauan SUMEKS.CO di SMPN 9 Palembang, kegiatan MPLS diawali dengan upacara dan perkenalan seluruh instrumen sekolah. 

Ketua Pelaksana MPLS SMPN 9 Palembang yang juga menjabat Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Imas Sukmarini mengatakan bahwa MPLS tahun ini diikuti 385 siswa baru. "Mereka akan dibimbing dan diarahkan tentang visi misi sekolah agar para siswa memiliki kesamaan visi terhadap apa yang dituju oleh sekolah," kata Imas Sukmarini kepada SUMEKS.CO.

Dijelaskannya, MPLS di SMPN 9 Palembang berlangsung pada 14-15 Juli dan 18-19 Juli 2022 pukul 07.00 WIB - 12.00 WIB, di halaman dan ruangan kelas SMPN 9 Palembang.

"Kegiatan MPLS hari ini setelah upacara, latihan baris-berbaris oleh Koramil 418-06 Kamboja, tahun ini kita minta TNI yang melatih agar anak-anak semangat," jelasnya.

Lanjut Imas, materi yang diberikan untuk siswa pada kegiatan MPLS yakni pendidikan karakter, wawasan wiyata mandala, pengenalan kurikulum merdeka, kesadaran berbangsa dan bernegara, tata krama siswa dan tata tertib sekolah, sekolah adiwiyata dan ramah anak, sistem organisasi sekolah dan sarana prasarana, pengembangan minat dan semangat belajar, dan pramuka.

"Ada 9 materi utama, dan 7 materi penunjang yakni LTBB, sosialisasi cyber crime dan kesehatan remaja, tausiah, kelas inspirasi, parade, dan penampilan ekskul, apresiasi seni," tutupnya.

Sementara, terpantau oleh SUMEKS.CO di SDN 160 Palembang, hari pertama sekolah tahun ajaran baru 2022/2023 berjalan lancar dan tertib.

Kepala Sekolah SDN 160 Palembang, Siti Zaleha mengatakan bahwa terdapat sekitar 150 murid baru yakni kelas 1 SD diberikan edukasi mengenai sekolah.

"terdapat siswa baru yang terbagi pada 5 kelas, masing-masing 1 kelas sekitar 28 - 30 siswa. Mereka pada hari pertama sekolah ini, tepatnya pukul 07.00 WIB - 09.00 WIB diberikan edukasi mencintai lingkungan, belajar baca doa bersama, dan pengenalan sesama siswa dan wali kelas," tukasnya. (mg01)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: