Cabai Merah Rp110 Ribu Per Kilogram

Cabai Merah Rp110 Ribu Per Kilogram

Harga cabai merah di Kota Pagaralam tembus Rp 110.000 per kilogram.-Almi Diansyah-

SUMEKS.CO, PAGARALAM – Kenaikan harga cabai di Kota Pagaralam, semakin menggila. Di kota yang merupakan penghasil sayuran tersebut, harga cabai merah mencapai Rp 110.000 per kilogram. 

Terpantau di Pasar Tradisional Kota Pagaralam, harga cabai merah bergerak dari semula Rp100 ribu per kilogram, kini sudah menyentuh angka Rp110 ribu per kilogram. Perubahan harga tersebut berselang satu hari. 

"Semalam la kak, harga jual cabai merah alami kenaikan, yang menyentuh di angka Rp110 ribu per kilogram," ungkap Popay, pedagang cabai merah di Pasar Bawah, ketika coba dibincangi wartawan sumeks.co. 

Diakui Popay, sebelumnya dirinya kerap mengambil cabai merah di agen, dengan harga jual masih berada di kisaran Rp90 ribu hingga Rp95 ribu per kilogram. 

BACA JUGA:Harga Sayuran di Pagaralam Melonjak, Cabai Setan Tembus Rp80 Ribu

"Sekarang, untuk modal mengambil cabai saja sudah berada di harga Rp100 ribuan, kalau pun kita jual di harga Rp110 ribu, itungannya kita hanya mendapatkan keuntungan sedikit saja," ungkapnya.

Perihal kenaikan harga cabai merah sendiri, tambah Popay, diduga kuat lantaran harga pupuk yang juga mulai mengalami kenaikan. Disamping itu banyak juga dari petani cabai merah yang gagal panen. 

"Inilah yang kita duga, turut menjadi penyebab kenapa harga cabai merah itu alami kenaikan," imbuhnya.

Sementara, Suryati (37), salah seorang ibu rumah tangga, dibincangi kala tengah memilih cabai merah mengakui, jika naiknya harga jual cabai merah ini, sudah barang tentu sangat menyulitkan masyarakat.

BACA JUGA:Pemkot Pagaralam Tolak Hewan Ternak dari Luar

"Sekarang ini, Kita hanya tinggal membeli cabai merah secukupnya saja, jangan sampai tak ada sambal saja di rumah, kita hanya bisa berharap, agar kiranya harga jual cabai merah ini, bisa kembali normal seperti semula," harapnya.

Terpisah, Plt Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Pagaralam, Joni SE melalui Kabid Perdagangan Andre Siregar membenarkan, harga cabai merah di pasaran saat ini sudah berada di angka Rp110 ribu per kilogram. 

"Tiap hari kita lakukan cek harga pangan, untuk cabai merah memang semakin pedas dengan harga jual Rp110 ribu per kilogram," serunya.

Menurut Andre, kenaikan harga cabai merah ini, tak hanya terjadi di Pagaralam saja, akan tetapi terjadi di seluruh wilayah Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: