Hari ini Serentak TNI Menanam Jagung di Seluruh Sumsel

Hari ini Serentak TNI Menanam Jagung di Seluruh Sumsel

Danrem 044/Tapi, Brigjend TNI M Naudi Nurdika melakukan penanaman jagung di Kecamatan Sosoh Buay Rayap Kabupaten OKU.--

SUMEKS.CO, BATURAJA - Danrem 044/Gapo, Brigjend TNI M Naudi Nurdika melakukan penanaman jagung di Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Kabupaten OKU pada Selasa (12/7/2022) siang. Penanaman jagung tersebut dilakukan di lahan seluas 5 hektare.

Dikatakan Danrem, penanaman jagung tersebut dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Sumatra Selatan dengan total luas lahan yang ditanami jagung secara serentak tersebut seluas 98 hektare. Tanam jagung ini sendiri menurutnya merupakan program ketahanan pangan nasional.

"Penanaman jagung ini merupakan program ketahanan pangan nasional yang dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Sumsel. Dengan total luas lahan 98 hektar, untuk di OKU baru 5 hektar," Ujar Danrem Naudi usai penanaman jagung.

Program ketahanan pangan ini merupakan program kerja smaa Danrem 044/Gapo Kodam II Sriwijaya antara Kodim/ 0403 OKU dengan pihak PT Mitra Tanam Sejahtera. Ada lebih dari 400 hektare lahan jagung yang kini siap ditanami.

BACA JUGA:Tertib Aset, Lahan TNI di Wilayah Kodim 0405 Lahat Disertifkatkan

"Kita banyak lahan dan harapan kita ini akan menjadi penghasilan dan kesejahteraan masyarakat yang ada di kabupaten OKU. Kita tidak mau nantinya ini hanya sebagai acara seremonial saja. Namun harus dibuktikan jika program ini berhasil," Kata Danrem 044/Gapo.

Dikatakan Danrem, program ini sebelumnya juga sudah dijalankan oleh petani bersama TNI. Sebelumnya kementerian pertanian dan TNI juga sudah bekerja sama penanaman Padi, Jagung dan Kedelei atau Pajale.

"Ini penyempurnaannya saja. Karena kita sebelumnya sudah ada program tersebut yakni Pajale. Bersama mitra nantinya masyarakat bisa menanami lahan mereka sehingga menjadi penghasilan," Ungkapnya.

Nantinya lanjut Danrem, penanaman jagung ini akan dibina oleh Kodim 0403 OKU dan dilakukan oleh masyarakat serta PT Mitra tanam sejahtera dengan siatem pola tanam yang diyakini bisa meningkatkan hasil panen hingga 70 %.

BACA JUGA:KPK Resmi Ajukan Banding Putusan Dodi

"Kalau panen jagung saja itu sudah biasa tapi kalau bisa meningkatkan hasil panen itu luar biasa, saya harap kegiatan ini tidak hanya sekedar cerenoni saja tapi berkelanjutan, saya menuntut nanti pak Dandim harus ikuti betul hingga panen bersama unsur lainnya agar program ini bisa sukses, bila perlu nanti pas panen kita undang pak  gubernur bahkan pak Presiden," tandasnya 

Dandim 0403 OKU Letkol Inf Ferizal R S.I.P menerangkan secara demografi wilayah OKU merupakan daerah pertanian Karet, sawit dan jagung. Masyarakat rata-rata adalah petani. 

Pola tanam kemitraan ini lanjut dandim diharapkan dapat menjadi berkah dan mensejahterakan petani khususnya di wilayah Sosoh Buay Rayap.

BACA JUGA:Hari Ini, Presiden Lantik Jenderal Andika Jadi Panglima TNI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: