Petani di Pagaralam Dilatih Membuat Pestisida Nabati

Petani di Pagaralam Dilatih Membuat Pestisida Nabati

Petani yang tergabung dalam Poktan Tani Subur, mengikuti pelatihan membuat pestisida nabati.,-Almi Diansyah-

SUMEKS.CO, PAGARALAM – Mendukung produktifitas pertanian bisa terjaga, petani  di Kota Pagaralam, Sumsel dilatih cara pengendalian hama dan penyakit yang menyerang tanaman. 

Pelatihan tersebut melibatkan petugas POPT Kecamatan dari UPTD Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Sumsel.

Koordinator PPEP POPT Pagaralam, Budi Dharma SP mengatakan, pelatihan bertujuan memberikan pengetahuan kepada petani, tentang cara pengendalian hama penyakit pada tanaman hortikultura salah satunya pada budidaya tanaman jeruk.

"Kita harapkan peserta atau petani bisa menjadi ahli dalam bidang pengendalian hama dan penyakit minimal untuk budidaya tanamannya sendiri. Sejurus bisa menularkan pengetahuan ini kepada petani lainnnya," ucap dia.

BACA JUGA:Harga Sayuran di Pagaralam Melonjak, Cabai Setan Tembus Rp80 Ribu

Pelatihan yang diikuti petani dari Poktan Tani Subur, memasuki pertemuan Minggu ke 6 mengenai Penerapan Pengendalian Hama Terpadu (PPHT) pada tanaman jeruk.

Pada pertemuan ini membahas tentang praktek pembuatan pestisida nabati. pestisida nabati merupakan hasil ekstraksi bagian tertentu dari tumbuhan baik dari daun, buah, biji atau akar. 

Biasanya bagian tumbuhan tersebut mengandung senyawa atau metabolit sekunder dan memiliki sifat racun terhadap hama dan penyakit tertentu.

"Kegiatan pelatihan PPHT kepada petani  poktan Tani Subur juga diikuti PPL Desa Plang Kenidai dan petugas POPT di empat kecamatan yakni Dempo Tengah, Pagaralam Selatan, dan Dempo Selatan," pungkas Budi.(ald)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: