Lebaran Idul Adha Jalinsum Muratara Sepi Aktivitas

Lebaran Idul Adha Jalinsum Muratara Sepi Aktivitas

Tampak suasana jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara.-Zulkarnain-

SUMEKS.CO, MURATARA - Momen lebaran Idul Adha 1443 H, akses utama ibu kota di Kabupaten Muratara, lebih lenggang dari hari biasanya. Kondisi ini terjadi akibat, liburnya aktivitas pegawai di perkantoran dan melemahnya perekonomian warga.
 
Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara, Merupakan akses utama warga di kabupaten berjuluk berselang serundingan ini. Namun di momen Idul Adha akses jalan utama ini, hanya di dapati sejumlah kendaraan roda dua maupun roda empat yang terpantau melintas.
 
Herman warga Kecamatan Rupit yang sempat dibincangi mengaku, aktivitas di ibu kota Kabupaten Muratara, 80 persen di dominasi pekerja di instansi Pemerintah Daerah. 
 
Menurutnya, jumlah pekerja PNS maupun TKS yang berada dilingkungan Pemda Muratara, dengan jumlah ribuan. Sangat mempengaruhi perekonomian warga maupun aktivitas ibu kota itu.
 
"Kalau tidak ada yang kerja (Hari libur, red), ibu kota kita ini sepi, seperti daerah yang ditinggalkan. Apa lagi saat ini ekonomi warga sedang jatuh, tambah sepi warga yang keluar," katanya.
 
Pihaknya berharap, Pemerintah Daerah mengeluarkan kebijakan yang pro terhadap pertumbuhan ekonomi warga, karena selama ini tujuan warga Muratara memekarkan wilayah dari Kabupaten Musi Rawas.
 
Agar mendapat pemerataan pembangunan, sekaligus adanya peningkatan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi. 
 
"Harapan kami dengan pemekaran ini, wilayah Muratara ini lebih ramai, lebih maju. Kito mintak ado andil pemerintah khususnya dalam industri perkebunan kelapa sawit," timpalnya. Sementara itu, Kapolres Muratara AKBP Ferly Rosa Putra melalui kasat Lantas Polres Muratara AKP Saharudin mengungkapkan.
 
Jalur utama Muratara di moment Idul Adha terpantau memang sepi aktivitas. "Pantauan sementara Arus lalulintas lancar, sementara ini memang belum ada peningkatan arus dan jalan terlihat rada lenggang," katanya.
 
Namun pihaknya tetap mengimbau, agar sejumlah pengendara tetap menaati tartib lalulintas. Dan selalu waspada saat berkendara melintasi Jalinsum Muratara. Mengingga di sepanjang jalan ini masih banyak dilakukan sejumlah perbaikan akses jalan dan banyak hewan ternak milik warga yang berada di sekitar jalan.
 
"Kepada pengendara kami imbauan tetap patuhi peraturan Lalu lintas. Tetap Fokus saat berkendara dan jangan memaksakan diri. Jika capek atau ngantuk, jangan berkendara silakan istirahat," imbaunya.
 
Pihaknya menegaskan, kecelakaan Lalulintas di sepanjang Jalinsum Muratara, didominasi faktor human eror atau pengendara hilang fokus saat berkendara. Untuk menjamin Kamtimas di sepanjang Jalinsum Muratara, polisi sudah menyiagakan tim patroli yang siap membantu sejumlah pengendara.(cj13)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: