Masjid ini Kurban Lima Sapi-10 Kambing

Masjid ini Kurban Lima Sapi-10 Kambing

Pemotongan hewan kurban jemaah Masjid Annur.--

SUMEKS.CO PALEMBANG - Ibadah kurban, salah satu syariat Allah Subhanahu wata'aala (SWT) yang di bawa oleh nabi Ibrahim AS dalam Islam, ibadah ini masih tetap disyariatkan bagi umat Islam dan sangat dianjurkan untuk selalu dilaksanakan.

Pensyariatan ibadah qurban dalam Islam tentunya mengandung banyak hikmah, manfaat dan maslahah bagi umat Islam khususnya, dan umat manusia umumnya. Ibadah ini menjadi pelajaran bagi umat untuk berani berkurban demi kepentingan yang lebih besar, membunuh karakter egoisme pribadi, mematikan sikap individualisme untuk memupuk solidaritas dan kepedulian sosial, karena pada hakekatnya, secara fitrah manusia diciptakan bukan sebagai mahluk individu tetapi sebagai mahluk sosial.

Demikian hikmah khutbah Iduladha 10 Dzulhijah 1443 H minggu, (10/7/2022) disampaikan oleh Drs  Amron Basri, M.Si bertindak sebagai Imam dan Katib Salat Iduladha di Masjid Annur Jl Kelurahan Srijaya, Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang.

Takbir pun terus berkumandang dengan merdu dan lantang. Limpahan rasa syukur atas nikmat yang telah diperoleh dapat diwujudkan salah satunya dengan berkurban, setelah melaksanakan Salat Ied, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. 

Ketua Masjid Annur H Mahyuddin SSIT.M.Si,  qurban di Masjid Annur mengatakan, tahun ini hewan yang di sembelih, 5 ekor sapi dan10 ekor kambing, masing masing dari para hamba allah sekitar maupun para donatur setiap yang setiap tahun berqur'ban, akan dibagikan ke masyarakat yang membutuhkannya," katanya didampingi Samari. SPd, seketaris masjid.

Sementara itu Suprianto, ketua panitia kurban Masjid Annur menyampaikan erima kasih atas kepercayaan masyarakat yang telah menyerahkan hewan qurban nya ke pihak panitia baik pribadi maupun kelompok, Iduladha 1443 H tahun 2022 H Masjid Annur  menyembelih hewan kurban yang akan dibagi-bagikan ke warga sekitar.

Selanjutnya Suprianto, mengapresiasikan atas kepercayaan para panitia pengurus qurban yang telah mempercayakan kepada pengurus. 

"Kepercayaan ini untuk kedua kalinya kami lakukan sebagai pengurus panitia untuk dibagikan kepada warga yang berhak menerima sebagaimana amanah,"ungkap Suprianto akrab disapa Totok didampingi Aris Yulianto, Fahrul Rahman pelaksana l

Muhammad Ilah, S.Pd M.Si. Ketua Yayasan Masjid AN-NUR menilai, berkurban bukan semata hanya menyembelih hewan. Menurutnya, makna berqur'ban sejatinya yakni untuk menghilangkan sifat jahat yang ada dalam diri manusia.

"Selain itu, berkurban merupakan perintah Allah melalui utusannya yang wajib dilaksanakan bagi umat muslim yang mampu," terangnya.

Dia berpesan agar daging kurban yang disembelih diberikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Dengan begitu, masyarakat tersebut akan ikut merasakan berkah Idul Adha, kata Mahyuddin.(ril/dom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: