Warga Muhammadiyah Sako Salat Iduladha di Masjid Aljannah Hari ini

Warga Muhammadiyah Sako Salat Iduladha di Masjid Aljannah Hari ini

Warga Muhammadiyah Kecamatan Sako, Palembang melaksanakan Salat Ied Iduladha, Sabtu (9/7). Foto: m naba anwar sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Sekitar 500 lebih jemaah Masjid Al-Jannahdi Jl. Siaran, Kecamatan Sako, Kota Palembang telah melangsungkan salat Ied Iduladha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah, Sabtu (9/7) pagi.

Muhammadiyah di Kota Palembang lebih dahulu melaksanakan salat dari keputusan pemerintah melalui Kementerian Agama yang telah menetapkan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah, Ahad (10/7).

Pantauan SUMEKS.CO, sekitar pukul 06.00 WIB satu per satu jemaah mulai berdatangan ke Masjid Al-Jannah, hingga pada pukul 07.00 WIB melangsungkan salat Iduladha. Bertindak sebagai Imam salat dan khotib Ustaz Ridwan Hayatuddin. Para jemaah pun melangsungkan salat dengan hikmat.

"Kurban sendiri merupakan salah satu sunnah muakkad, atau sunnah selalu dikerjakan oleh Rasululah SAW, sebagai salah satu bentuk syukur umat Muslim atas segala nikmat yang telah Allah berikan," ucap Ridwan.

Pimpinan Ranting Muhammadiyah Sako, Tabrani Adnan menuturkan bahwa sekitar 500 lebih jemaah yang melangsungkan salat pada hari ini.

"Bukan hanya dari Muhammadiyah saja, tetapi masyarakat umum juga ada salat disini," tuturnya.

Lanjut Tabrani, Muhammadiyah lebih dulu karena menyesuaikan metode perhitungan hisab yang berstruktur.

"Pemotongan sapi besok, terdapat sapi 5 ekor kambing 2 ekor pukul 9.00 WIB," jelasnya.

Warga setempat, Doni mengungkapkan bahwa dia bersama keluarga sengaja datang untuk melangsungkan salat Ied pada hari ini, dia mengaku padahal dirinya bukan Muhammadiyah.

"Alasannya walaupun saya tidak tergabung Muhammadiyah, tetapi keyakinan dan kemauan saya sendiri mau hari ini, tetangga juga banyak yang ikut salat hari ini, alasan lainnya juga kita tidak tahu hari besok berhalangan atau sakit, jadi lebih baik duluan," tukasnya. (mg01)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: