Pemkot Gelar Dua Kali Solat Idul Adha, Fasilitasi Muhammadiyah dan NU

Pemkot Gelar Dua Kali Solat Idul Adha, Fasilitasi Muhammadiyah dan NU

Masjid Pangeran Diponegoro Jogja--

SUMEKS.CO- Pada peringatan hari raya Idul Adha nanti, Pemerintah Kota Jogja akan menggelar dua kali pelaksanaan solat Idul Adha. Pertama digelar pada 9 Juli, kemudian disusul hari berikutnya pada 10 Juli 2022. Ketua Panitia Peringatan Hari Besar Indonesia (PHBI) Masjid Pangeran Dipenogoro Kota Jogja Muchtasor menuturkan pelaksanaan dua kali guna memfasilitasi seluruh umat muslim. Tepatnya bagi yang merayakan di hari yang berbeda.

“Guna memfasilitasi dua perayaan Idul Adha dari golongan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama,” jelasnya ditemui di Kantor Diskominfosan Balaikota Jogja, Kamis (7/7).

Nantinya, gelaran solat Idul Adha hari pertama akan dilaksanakan di halaman Balai Kota Joga. Solat akan dipimpin oleh imam Masjid Jogokaryan Ustadz M. Wafi Abdul Qudus. Sementara yang menjadi khatib adalah Ketua PWM Bidang Tarjih Muhammadiyah H. Andi Darmawan.

BACA JUGA:Lebaran Idul Adha Minggu 10 Juli, Libur Sekolah Diperpanjang

Pada hari kedua, solat Idul Adha akan digelar di halaman Balai Kota dan di Masjid Pangeran Diponegoro. Solat akan dipimpin oleh Imam Masjid Pangeran Diponegoro Balai Kota Jogja Ustadz Umar Izul Haq. Sementara khatib yang akan bertugas adalah Ketua Dewan Syuro PCNU Kota Jogja KH. Sholahuddin Mansyur.

“Di hari pertama dan kedua diperkirakan kurang lebih ada 700 jamaah,” katanya.

Pihaknya bekerja sama dengan Satpol PP guna melakukan pengamanan. Tempat parkir juga telah disiapkan, yakni di sepanjang Jalan Ipda Tut Harsono.

BACA JUGA:Tetap Berkiblat Hari Raya Idul Adha Sesuai Aturan Pemerintah

Solat Idul Adha nantinya akan digelar tepat pukul 06.00. Para jamaah bisa masuk kawasan Balai Kota dengan mengakses pintu utara.

“Nantinya protokol kesehatan tetap dilaksanakan. Kami juga telah berkoordinasi dengan satgas Covid-19,” ujarnya. (isa/dwi/radarjogja)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: