Wakil Bupati Muratara Pastikan Kesiapan Penanganan Karhutla

Wakil Bupati Muratara Pastikan Kesiapan Penanganan Karhutla

Wakil Bupati Musi Rawas Utara, H Inayatulah saat melakukan pengecekan kesiapan menghadapi Karhutla di Kantor BPBD Muratara, Senin (4/7).-Zulkarnain-

SUMEKS.CO, MURATARA - Wakil Bupati Musi Rawas Utara (Muratara), H Inayatulah melakukan pengecekan kesiapan peralatan menghadapi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). 

Inayatulah melihat langsung kesiapan anggota Tim Reaksi Cepat (TRC), peralatan maupun logistik bantuan untuk penanggulangan bencana alam  di kantor BPBD Muratara.

"Hasil pengecekan tadi alhamdulillah, semua sudah siap, baik peralatan, logistik dan lainnya. Tapi memang di kabupaten Kita masih sangat terbatas sarana dan pasarana terutama mesin pemadam, perahu karet, baju anti api dan lainnya," katanya kepada sumeks.co, Senin (4/7). 

Pemkab Muratara akan terus memperhatikan dan melengkapi sejumlah kekurangan sarana tanggap darurat itu, agar penanganan Karhutla bisa lebih maksimal.

BACA JUGA:BKSDA Evakuasi Macan yang Bikin Warga Muratara Resah

"Jangan sampai saat ada kejadian baru ramai-ramai turun ke lapangan, tapi Kita harus lakukan persiapan sejak dini," ucapnya. 

Kepala BPBD Muratara, H Zaenal Arifin mengungkapkan meskipun terbatas sarana dan peralatan dalam menghadapi Karhutla pihaknya akan memaksimalkan antisipasi dan pencegahan Kathutla.

 "Kita akan berkoordinasi dengan seluruh perusahaan yang ada di Muratara. Mereka harus ikut terlibat dalam pengamanan Karhutla terutama dalam persiapan peralatan," bebernya.

BACA JUGA:Ambulance Pemkab Muratara Tabrak Rumah Warga

Menurut Zaenal, di Kabupaten Muratara ada dua kecamatan yang potensi terjadi kebakaran lahan gambut. Seperti Kecamatan Rupit dan Karang Dapo.

"Seharusnya Kita ada alat baju anti api dan alat suntik gambut. Tapi Kita belum punya dan akan Kita maksimalkan dengan pompa gendong," tutupnya.(cj13)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: