Cegah Osteoporosis Sejak Dini

Cegah Osteoporosis Sejak Dini

Konferensi pers Perwatusi di Plaza Barat JSC, Senin (4/7). foto: edy handoko sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Ketua Umum Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) Hj Anita A Hutagalung mengajak seluruh masyarakat Sumsel melakukan pencegahan sejak deni terhadap penyakit keropos tulang atau osteoporosis.

Ketua umum Perwatusi Hj Anita A Hutaglung menyampaikan, gerakan daerah melawan osteoporosis ini akan terus digaungkan ke berbagai daerah lainnya di seluruh Indonesia. Bekerja sama dengan pimpinan daerah dan juga dinas terkait yang memiliki kesamaan Visi dan misi untuk menuju indonesia sehat dan Produktif.

"Pentingnya kita sebagai anak bangsa melakukan berbagai upaya dan tindakan pencegahan terhadap penyakit Osteoporosis ini," kata Anita saat press rilis di Plaza Barat Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Senin (4/7).

Dikatakannya, pencegahan osteoporosis hendaknya dilakukan sejak dini. Karena osteoporosis tidak memandang usia. Sekalipun hampir rata-rata 90 persennya dialami perempuan yang umurnya diatas 40 tahun. Pencegahannya cukup dengan melalui senam sehat dan berolahraga.

"Osteoporosis ini harus kita cegah sejak dini," imbuhnya.

Lanjutnya, dia juga mengajak masyarakat untuk menghilangkan mindset bahwa osteoporosis ini bukanlah penyakit yang dialami oleh orang lanjut usia. Karena osteroporosis ini dapat menyerang siapa saja.

"Kita harus buang mindset yang mengatakan osteoporosis hanya kena di nenek-nenek saja. Waspadai sejak dini," tegasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan untuk penggaungan pencegahan osteoporosis dimulai dari adanya Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) VI yang digelar di Palembang. Selanjutnya akan diteruskan pada FORNAS di Jawa Barat 2023 mendatang.

"Kita gaungkan dengan ini (FORNAS), next ke provinsi lainnya," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumse H Herman Deru, diwakili Asisten I Rosidin Hasan mengatakan, Pemprov Sumsel sangat mendukung dengan adanya gerakan pencegahan tulang keropos sejak dini.

"Jelas Pemprov Sumsel sangat mendukung. Karena ini berhubungan dengan kebugaran dan kesehatan masyarakat," ungkapnya.

Rosidin menambahkan, Pemprov Sumsel akan meneruskan program ini ke kabupaten dan kota di Sumsel agar dapat menyehatkan dan menyegarkan masyarakat. Khususnya untuk melakukan pencegahan sejak dini penyakit osteoporosis.

"Nanti akan kami sampaikan ke kabupaten dan kota untuk ikut menggaungkan program ini," tandasnya. (edy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: