Catat, Tahun Depan Microsoft Hentikan Dukungan untuk Windows 8.1

Catat, Tahun Depan Microsoft Hentikan Dukungan untuk Windows 8.1

Microsoft bakal meninggalkan sistem operasi atau OS Windows usang. foto: @microsoft--

SUMEKS.CO, AMERIKA - Pelan tapi pasti, Microsoft bakal mulai meninggalkan sistem operasi atau OS Windows usang besutannya. Yang akan segera disetop dukungannya adalah Windows 8.1, kalau ada yang masih menggunakan OS ini, ada baiknya kamu segera menginstal versi Windows terbaru.

Dikutip dari TheVerge, Microsoft sedang bersiap untuk mengirim pengingat kepada pengguna Windows 8.1 bahwa dukungannya akan berakhir pada 10 Januari 2023 mendatang.

BACA JUGA:Laptop Baru Microsoft Dijual Mulai Rp 3 Jutaan, Eksklusif untuk Siswa

Raksasa perangkat lunak itu akan mulai mengirim pemberitahuan ke perangkat Windows 8.1 yang ada bulan depan, sebagai pengingat pertama menjelang penghentian dukungan Januari 2023.

Notifikasi akan serupa dengan yang digunakan Microsoft di masa lalu untuk mengingatkan pengguna Windows 7 tentang tanggal berakhirnya dukungan Windows 8.1. Microsoft awalnya menghentikan dukungan Windows 8 pada tahun 2016, tetapi pembaruan Windows 8.1 akan menghentikan dukungan sepenuhnya pada Januari 2023 mendatang.

Dengan disetopnya dukungan ini, Microsoft tidak akan menawarkan program Extended Security Update (ESU) untuk Windows 8.1, sehingga bisnis tidak akan dapat membayar tambahan patch keamanan dan harus meningkatkan atau menerima risiko menjalankan perangkat lunak tanpa pembaruan keamanan yang riskan dari serangan siber.

Buat pengguna setia OS racikan Microsoft ini tentu tahu kalau Windows 8.1 sebagian besar merupakan perbaikan besar atas Windows 8 . Windows 8 memperkenalkan visi baru yang berpusat pada sentuhan untuk masa depan Microsoft, tetapi ia membuang desktop tradisional dan tombol Start sedemikian rupa sehingga banyak pengguna PC menolaknya.

Kemudian, OS mobile-first tidak sesuai dengan apa yang diinginkan pengguna, dan Windows 8.1 mengembalikan tombol Start dalam pengakuan dari Microsoft bahwa hal tersebut memang tidak disukai pengguna mereka

Terlepas dari peningkatan pembaruan Windows 8.1, era Windows 8 merupakan salah satu era cemerlang Microsoft atas sistem operasi Windows. Microsoft berusaha memodernisasi Windows dalam menghadapi persaingan iPad, dan malah mengasingkan banyak pelanggan setianya.

Setelah Windows 8 dan Windows 8.1 hadir, Windows 10 tiba pada tahun 2015 dan menjalankan kembali banyak perubahan paling berani Windows 8, dan Windows 11 telah melangkah lebih jauh dengan menghapus Live Tiles seperti Windows Phone dari menu Start dan merombak banyak peninggalan kuno yang telah ada di Windows selama beberapa dekade.(Jawapos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: