Gegara Puntung Rokok, CJH Asal Indonesia Panik

Gegara Puntung Rokok, CJH Asal Indonesia Panik

Mukhamad Khanif. Foto: antara--

SUMEKS.CO, MAKKAH  Calon Jemaah Haji (CJH) asal Indonesia yang menginap di Hotel Makarem Diyafah No 509, Misfalah, MAKKAH panik. Pasalnya tempat pembuangan sampah terbakar.

Beruntungnya, kebakaran tempat sampah tersebut tidak meluas, namun kepulan asap dari pembuangan sampah tersebut sempat mengudang perhatian CJH, terlebih petugas haji Indonesia.

Kepala Daker MAKKAH, Mukhamad Khanif menuturkan kepulan asap yang berasal dari tempat sampah yang terbakar, berasal dari putung rokok.

Khanif mengimbau calon jamaah haji Indonesia tidak membuang puntung rokok sembarangan. Ia meminta jamaah memastikan sisa rokok yang dibuang sudah dimatikan.

“Bukan kebakaran hotel. Tepatnya ada tempat pembuangan sampah yang terbakar karena putung rokok. Sudah dipadamkan dan jemaah sudah beraktivitas sebagaimana biasa,” kata Khanif di MAKKAH, dilansir kemenag.go.id, Sabtu (2/7/2022).

“Jamaah yang merokok, agar membuang sisa rokoknya di tempat sampah yang disediakan. Jangan lupa, pastikan bahwa putung rokok itu sudah dimatikan. Terimakasih pada jemaah yang telah mematuhi aturan,” sambungnya.

 

Menurut Khanif, kebersihan lingkungan seputar hotel harus dijaga bersama untuk kesehatan bersama. Putung rokok yang dibuang sembarangan, apalagi dalam kondisi masih menyala, bisa saja menyebabkan sampah kertas atau bahan kering lainnya terbakar.

“Seegala potensi yang bisa memantik nyala api harus diminimalisir, termasuk putung rokok,” pesannya.

 

Khanif meminta para petugas sektor untuk tidak bosan mengingatkan jemaah pentingnya membuang sisa rokok pada tempatnya dan dalam keadaan sudah dimatikan. Sehingga, potensi terjadinya sampah terbakar, bisa dihindari.

“Bisa saja, putung rokok yang masih menyala, membakar kertas atau sampah lainnya. Ini bisa membesar dan memunculkan asap,” terangnya.

“Jika itu terjadi, bisa membuat jemaah panik. Mari saling menjaga,” tandasnya. (Aza/indonesiainside)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: