Citra Karyati Atlet Nasional, Belajar Panahan dari Tetangga

Citra Karyati Atlet Nasional, Belajar Panahan dari Tetangga

Atlet Panahan Ground putri asal Provinsi Jawa Timur (Jatim), Citra Karyati. Foto : Naba/sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Atlet Panahan Ground putri asal Provinsi Jawa Timur (Jatim), Citra Karyati mengikuti ajang perlombaan tingkat nasional, yakni Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI Sumsel.

Ia berlomba di Venue Stadion Kamboja Palembang, Sabtu (2/7) pagi hingga sore hari yang diselenggarakan oleh Federasi Seni Panahan Tradisional Indonesia (Pengda Fespati) Provinsi Sumsel.

Citra Karyati merupakan atlet Panahan Ground putri yang telah memiliki prestasi pada ajang nasional.

Wanita kelahiran Kandangan, Kalimantan Selatan, 1 Juni 1973 itu memiliki ketertarikan pada olahraga panahan sejak tahun 2019.

BACA JUGA:Catat... ini Jadwal-Venue FORNAS VI PalembangPada tahun 2019 itu, tepatnya virus Covid-19 telah memasuki Indonesia, masyarakat kian takut untuk keluar rumah pada saat itu, belum lagi adanya peraturan dari pemerintah yang mengharuskan warga untuk dirumah saja.

"Karena aktivitas di rumah pada saat itu meluangkan waktu banyak, sehingga saya memilih untuk berolahraga di rumah," kata Citra ketika diwawancarai.

Ibu dari dua anak itu awalnya belajar panahan dari tetangganya, yang kebetulan lebih dulu mengenal olahraga itu.

"Sejak belajar memanah saya menghabiskan waktu tiga kali seminggu, bahkan latihan setiap hari jika ingin berlomba, termasuk Fornas VI ini saya berlatih setiap hari," jelasnya.

BACA JUGA:FORNAS ABU, All Semifinal Kaltim

Lanjut Citra, kegemarannya memanah tentu memiliki dampak positif bagi dirinya. Menurutnya dengan memanah ialah olah raga sunah rasul, dan memberi dampak untuk kesehatan.

"Awalnya saya dulu sering sakit pinggang, ketika belajar memanah sakit pinggang saya reda karena sering berdiri dan menggerakan otot tangan," ucapnya.

Atas kegigihan wanita manis berkulit sawo matang itu, ia pun meraih beberapa prestasi pada perlombaan nasional. Yakni Juara II Perdana Putri Ground 20m, di Papua secara online, tahun 2021 dan Juara III Fantasi Faspati Ground 20m, di Surabaya tahun 2022.

"Alhamdulillah juara yang saya raih karena rezeki dari Allah Swt atas latihan bersungguh-sungguh, tetapi niat saya mengikuti perlombaan hanya untuk silaturahmi bukan mencari kemenangan," tukasnya.(mg01)

Sumber: