Cegah Lonjakan COVID-19, ini Saran Epidemiolog

Cegah Lonjakan COVID-19, ini Saran Epidemiolog

Iche Andriyani Liberty. foto: m naba anwar sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Kabar bakal melonjaknya kasus Covid-19 subvarian Omicron BA 4 dan BA5 yang diperkirakan terjadi pada pertengahan Juli 2022 membuat heboh masyarakat. 

Hal ini berdasarkan surat edaran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang meminta seluruh pemerintah daerah untuk mempersiapkan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan menghadapi potensi lonjakan kasus subvarian Omicron BA 4 dan BA 5.

Menanggapi hal itu, Ahli Epidemiologi Universitas Sriwijaya (Unsri), Iche Andriyani Liberty pun meminta masyarakat untuk mengoptimalkan partisipasi dalam mengikuti vaksinasi dosis ketiga atau booster. 

Dia mengimbau apabila ditemukan kasus baru maka pemberlakuan 3T (treatment, tracking dan testing) segera mungkin harus dilakukan. 

"Jika upaya tersebut dilakukan secara maksimal, maka kasus COVID-19 yang diprediksi melonjak pertengahan Juli mendatang bakal terkendali," ungkap Iche ketika diwawancarai di Puskesmas Talang Ratu, Kota Palembang, Jumat (1/7). 

Selain itu, Iche juga mengingatkan masyarakat supaya harus lebih bijak dalam menerapkan protokol kesehatan meskipun pemerintah kini telah melonggarkan berbagai kebijakan, salah satunya dapat melepas masker di luar ruangan. 

"Memang saat ini kita sudah diperbolehkan buka masker di luar ruangan, tetapi harus bijak juga melihat situasi di luar ruangan itu, jangan sampai terjadi hal-hal yang tak diinginkan," tukasnya. (mg01)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: