Pusri Palembang Borong Penghargaan di Inovasi K3

Pusri Palembang Borong Penghargaan di Inovasi K3

PT Pusri borong tiga gelar sekaligus di ajangICCO Safety and Health. -foto:ist-

SUMEKS, CO -  BANDUNG – PT Pupuk Sriwidjaja Palembang  -  anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) --  memborong tiga penghargaan di ajang Inovasi K3 Indonesia Conference&Competition Occupational Safety and Health (ICC-OSH) 2022,  Rabu (23/6).di Bandung. 

''Kita meraih PKM Safety First dengan predikat 4 bintang, PKM Waterfog dengan predikat 4 bintang, dan GKM Antivirus dengan predikat 3 bintang,'' ujar Vice President Humas Pusri, Soerjo Hartono dalam rilisnya

Kata dia, penyelenggara tahun ini Yayasan Prima Karya dengan PJK3 PT Wahana Kendali Mutu didukung Kementerian Ketenagakerjaan RI mendemonstrasikan keunggulan dalam penerapan sistem manajemen K3 di Perusahan BUMN dan Swasta.

''Sekaligus mendukung Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2022. Adapun tema yang diangkat pada tahun ini yaitu “Penerapan Budaya K3 pada setiap kegiatan usaha guna mendukung perlindungan tenaga kerja di era digitalisasi dan perubahan iklim (Climate Chance)”.

 Pada kategori PKM Safety First, PT Pusri Palembang menerapkan konsep pada alat Shoes detector. Shoes detector melalui pemanfaatan teknologi dalam aktivitas produksi maupun K3 mempunyai kegunaan agar dapat membantu meminimalisir sepatu-sepatu yang tidak layak guna di area pabrik.

 GKM Antivirus mengusung inovasi untuk meningkatkan kehandalan alat Water Spray di Relief Valve 105-J dalam mengurangi potensi bahaya keselamatan, kesehatan dan lingkungan kerja dari paparan popping ammonia. Sedangkan inovasi yang dilakukan PKM Waterfog adalah untuk mengatasi masalah gagalnya pompa FOG untuk men-supply spray water ke top storage ammonia ketika terjadi pressure popping dengan cara membuat atau memasang orifice pada flange up stream block valve minimum flow.

Soerjo Hartono mengharapkan Pusri dapat terus mengoptimalkan K3 dan lingkungan sebagai sarana kepatuhan perusahaan, mengevaluasi, dan mengembangkan aspek K3 yang sejalan dengan tantangan saat ini.

''Sehingga K3 perusahaan semakin terdepan dan unggul dari korporasi lain. Peningkatan kinerja K3 komitmen utama Pusri untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman,'' tutup dia. (ril/wi2k)

Dalam Lomba ICC-OSH 2022 Pusri mengirimkan 3 tim inovasi yang telah disaring melalui tim inovasi unggul yang masuk top 21 PIEA 2021: 

1.    Tim PKM Safety First, yang beranggotakan:

a)    Endrah Gunawan (Dept. K3)

b)    Sri Arinda (Dept. K3)

c)    Fajar Wiyono (Dept. K3)

d)    Cuk Risantoro (Dept.Instrumen)

 

2.    Tim GKM Antivirus, yang beranggotakan:

a)    Aldilla (Dept. K3)

b)    Abdul Rasyid (Dept. K3)

c)    Mgs. Abdurrahman P.P. (Dept. K3)

d)    Reza Ferdian  D. (Dept.K3)

e)    Redo Oktavian (Dept.K3)

 

3.    Tim PKM Waterfog, yang beranggotakan:

a)    Johan Setiawan (Dept.Operasi PIII)

b)    Sentot Pratikno (Dept.Operasi PIII)

c)    Harry Margatama (Dept.Rendal Produksi)

d)    Ahmad Mukhroji W, (Dept. Inspeksi Teknik) 

e)    Andri Wibawa S. (Dept.K3)

f)     Insyiroh Mufarricha (Dept.Sisman & Inovasi)

g)    Karina Cahya V. (Dept.Sisman & Inovasi)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: