Ini Capaian ODF di Palembang

Ini Capaian ODF di Palembang

Pertemuan koordinasi percepatan ODF Palembang, Kamis (30/6). foto: m naba anwar sumeks.co--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Capaian Open Defecation Free (ODF) atau setop buang air besar sembarangan di Kota Palembang saat ini 57 persen, yakni terdapat 61 dari 107 kelurahan.

"61 kelurahan yang baru ODF, Artinya tercatat baru 57 persen di Kota Palembang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Fenty Aprina ketika diwawancarai usai pembukaan pertemuan koordinasi percepatan kelurahan ODF dalam mewujudkan Palembang Kota Sehat 2023, di Ballroom Hotel Beston Palembang, Kamis (30/6) siang.

Dijelaskannya, tindak lanjut mengenai hal itu untuk mewujudkan Palembang Kota Sehat 2023 ialah merealisasikan target 100 persen, yang mana seluruh kelurahan di Kota Palembang harus mencapai ODF, yakni peran Dinkes Palembang dengan memberi pemahanan dan sosialisasi ke masyarakat mengenai kesehatan.

"Jadi masyarakat bisa menggunakan jamban sesuai standar kesehatan untuk berhenti buang air besar sembarangan, oleh karena itu Camat, Lurah dan puskesmas setempat bersinergi untuk mengatasi permasalahan agar masyarakat tidak lagi buang air besar sembarangan, jadi harus ada upaya bersama bukan hanya Dinas Kesehatan saja," jelasnya.

Lanjut Fenty, target 2022 yang sebelumnya dari 46 kelurahan belum ODF kini sudah terlampaui menjadi  61 kelurahan dari 107 kelurahan di Palembang.

"Harapannya 25 kelurahan akan ODF di tahun 2022 ini, jika sudah tercapai maka sisanya target 21 kelurahan lagi akan dicapai pada tahun 2023. Semoga dapat terealisasi semua kelurahan ODF sehingga mewujudkan Palembang Kota Sehat 2023," tukasnya. (mg01)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: