Kondisi Macan Dahan Sekarat, Kembali Muncul di Jalan

Kondisi Macan Dahan Sekarat, Kembali Muncul di Jalan

Tim BKSDA Sumsel melakukan penelusuran terhadap macan dahan yang beberapa waktu lalu muncul di kebun warga.-Zulkarnain-

SUMEKS.CO, MURATARA - Tim BKSDA Provinsi Sumatera Selatan, masih melakukan penelusuran terhadap macan dahan yang muncul di Desa Sukamenang, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). 

Terakhir, macan dahan itu  terdeteksi masuk dalam kawasan hutan produksi, berdekatan dengan Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan akses keluar masuk permukiman warga.

“Sempat terpantau warga menggunakan video, macan dahan menyusuri jalan utama masyarakat, dari dusun V ke Desa Sukamenang,” ujar salah seorang warga.

Kepala Desa Sukamenang Jamel, mengatakan Tim BKSDA Sumsel sudah mendatangi desa mereka, namun hingga saat ini tim belum menemukan secara langsung macan tersebut.

BACA JUGA:BKSDA Evakuasi Macan yang Bikin Warga Muratara Resah

"kita terus berkomunikasi dengan Tim BKSDA supaya bisa melakukan tindakan terhadap macan dahan itu," timpalnya. 

Jamel membenarkan, jika ada beberapa warga yang sempat melihat langsung macan dahan itu menyusuri jalan utama menuju kampung mereka.

Sementara itu, Kepala BKSDA Provinsi Sumsel Ujang Wisnu melalui Koordiator BKSDA Lahat Martialis Puspito, mengungkapkan pihaknya sudah melakukan penelusuran di lapangan. 

"Tim Kita sudah tiba dilokasi, ini salah satu bentuk tindakan yang Kita lakukan. Supaya masyarakat itu tenang, setelah Kita cek ternyata memang lokasi itu masuk di kawasan hutan produksi," ungkapnya.

BACA JUGA:Kawal Pemudik, Polres Muratara Siapkan Tiga Pos di Jalinsum

“Kita minta ke masyarakat, agar tidak mengusik keberadaan macan dahan tersebut,” ujar Martialis. 

Berdasarkan sejumlah video hasil rekaman warga, macan itu nampak sekarat dan diperlukan penanganan lebih lanjut.

"Untuk evakuasi Kita memerlukan dokter hewan dan melakukan sesuai SOP. Namun hingga saat ini macan itu belum kembali terpantau dan diperkirakan masih berada disekitar lokasi,” ungkap Martialis.(cj13)

      

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: