100 Pelaku UMKM Ikuti Pelatihan

100 Pelaku UMKM Ikuti Pelatihan

Ratu Dewa membuka pelatihan dan bimtek UMKM, Rabu (29/6). foto: istimewa--

SUMEKS.CO, PALEMBANG -  Menghadapi perubahan era digital, berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengembangkan kemampuan para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kota tersebut, salah satunya dengan melakukan berbagai pelatihan.

Dalam hal ini, Pemerintah kota Palembang melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Palembang sengaja menggelar pelatihan sekaligus Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang pelaporan keuangan secara digital kepada 100 UMKM di Palembang. Pelatihan dan bimtek digelar Gedung Ar-Rahma Centre Sri Melayu Palembang, dibuka oleh Sekretaris Daerah kota Palembang Ratu Dewa.

Ratu Dewa juga memberikan apresiasi atas kegiatan yang dinilai sangat penting bagi para UMKM. 

"Saya kira ini penting, apalagi saat ini kita menghadapi era perubahan 4.0 dan 5.0. Para pesertanya begitu antusias apalagi narasumbernya langsung bicara masalah teknis. berkat pelatihan ini kita mengajak para pelaku UMKM untuk mengarah dengan menggunakan aplikasi," kata Ratu Dewa, Rabu (29/6). 

Dikatakannya, dengan jumlah pelaku usaha mikro di Palembang yang mencapai kurang lebih 1.903, pelatihan dan bimtek dalam pengembangan kemampuan UMKM akan terus dilakukan Pemkot Palembang, meskipun secara bertahap.

"Saat ini jumlah UMKM di Kota Palembang kategori mikro telah mencapai sebanyak 1.903. Insya Allah nanti seluruhnya akan kita adakan pembinaan, pelatihan dan juga diklat secara teknis," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Parameswara menambahkan, pelatihan ini pihaknya mengajak para pelaku UMKM untuk mengarah dengan menggunakan aplikasi digital. 

"Ini aplikasi caranya cukup mudah dengan mendown load La Mikro, maka para pelaku UMKM nanti bisa menggunakan laporan secara digital di aplikasi tersebut," tukasnya. (dey)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: